MUHAMMAD ARAFAT; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

KARAKTERISTIK SABUN PADAT BERBAHAN BAKU MINYAK KELAPA SAWIT YANG DISUBSTITUSI DENGAN MINYAK KELAPA


Penelitian tentang pembuatan sabun padat telah dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh minyak kelapa sawit yang disubtitusikan dengan minyak kelapa terhadap sifat fisik dan kimia sabun.
Penelitian dilakukan dengan Rancangan Blok Lengkap (RBL) menggunakan satu faktor dengan lima taraf faktor, dan dua kali pengulangan yang dihitung sebagai blok. Faktor yang digunakan ialah perbandingan minyak kelapa sawit dengan minyak kelapa yang terdiri atas 5 taraf yaitu A (60:40); B (70:30); C (80:20); D (90:10); E (100:0). Analisis yang dilakukan meliputi analisis kimia (kadar air, total lemak, alkali bebas); analisis fisik (tekstur dan daya busa) Hasil penelitian menunjukan bahwa perbandingan minyak kelapa sawit dengan minyak kelapa berpengaruh terhadap stabilitas busa, tetapi tidak berpengaruh terhadap kadar air, alkali bebas, total lemak, dan tekstur.
Hasil penelitian terbaik ditinjau dari banyaknya busa yang dihasilkan dan tekstur yang tidak terlalu keras yaitu sabun dengan perbandingan minyak kelapa sawit dengan minyak kelapa 60 : 40 yang didukung kadar air 28.15%; alkali bebas 3.20%; stabilitas busa 3.54%; total lemak 66.92%; tekstur 12.875mm.
LOADING LIST...
efgh1997@gmail.com
MUHAMMAD ARAFAT - Personal Name
NGATIRAH, SP. MP. (P) - Personal Name
Ir. Kusumastuti, MSc. - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2018
yogyakarta
LOADING LIST...