Eko Purwanto; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Karakterisitik Edible Film Dari Umbut Pati Kelapa Sawit (Elaeis Guineensis Jacq)


Telah dilakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui hasil dari konsentrasi umbut pati kelapa sawit (Elaeis guineensis Jacq) dan penambahan konsentrasi plasticizer (gliserol) berpengaruh atau tidak terhadap karakter edible film yang dianalisis, yang meliputi ketebalan (mm), kelarutan (%), laju transmisi uap air Water Vapour Transmission Rate (WVTR) (g/mm/m2/24 jam), tensile strength (MPa), dan elongasi (%), dan dapat mengetahui hasil terbaik dari variasi konsentrasi umbut pati kelapa sawit (Elaeis guineensis Jacq) dan penambahan plasticizer (gliserol) terhadap karakter edible film.
Penelitian ini menggunakan Rancangan Blok Lengkap (RBL) yang tersusun atas dua faktor. Faktor pertama adalah konsentrasi serbuk pati kalapa sawit 2%, 3% dan 4%. Faktor kedua adalah penambahan konsentrasi plasticizer (gliserol) 5%, 7,5% dan 10%. Parameter yang diamati adalah uji ketebalan (mm), kelarutan (%), laju transmisi uap air Water Vapour Transmission Rate (WVTR) (g/mm/m2/24 jam), tensile stranght (MPa), dan elongasi (%).
Hasil penelitian menunjukan bahwa konsentrasi umbut pati kelapa sawit berpengaruh terhadap ketebalan (mm), kelarutan (%), laju transimi uap air (WVTR) (g/mm/m2/24 jam), tetapi tidak berpengaruh terhadap tensile strength (MPa), dan elongasi (%). Jumlah penambahan konsentrasi plasticizer (gliserol) berpengaruh terhadap ketebalan film (mm), kalarutan film (%), laju transmisi uap air (WVTR) (g/mm/m2/24 jam), tetapi tidak berpengaruh terhadap tensile strength (MPa), dan elongasi (%).
Hasil terbaik keseluruhan diperoleh pada perlakuan konsentrasi serbuk pati kelapa sawit A1 2% dari hasil rerata dengan nilai ketebalan 0,6625 (mm), kelarutan 68,8967 (%), laju transmisi uap air 0,4447 (g/mm/m2/24 jam), tensile strenght 1,4313 (MPa) dan elongasi 33,8704 (%), sedangkan untuk konsentrasi penambahan plasticizer (gliserol) B1 5% dari hasil rerata dengan nilai ketebalan 0,5850 (mm), kelarutan 62,6227 (%), laju transmisi uap air 0,4107 (g/mm/m2/24 jam), tensil strenght 0,9142 (MPa) dan elongasi 71,9869 (%).
LOADING LIST...
Eko Purwanto - Personal Name
Dr. Ir. Ida Bagus Banyuro Partha, MS (P) - Personal Name
Ir. Adi Ruswanto, MP - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
INSTPER
2018
yogyakarta
LOADING LIST...