Tri Riki Subiyanto; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

EDIBLE FILM BERBAHAN DASAR NaCMC (NATRIUM CARBOXY METHYL CELLULOSE)DARI PELEPAH KELAPA SAWIT DENGAN PENAMBAHAN EKSTRAK KAROTENOID LABU KUNING


Penelitian tentang edible film berbahan dasar NaCMC (natrium carboxy methyl cellulose) dari pelepah kelapa sawit dengan penambahan ekstrak karotenoid labu kuning bertujuan untuk mendapatkan perbandingan konsentrasi gliserol dan konsentrasi karotenoid labu kuning yang baik untuk digunakan dalam pembuatan edible film.
Rancangan percobaan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu rancangan blok lengkap (RBL) 2 faktor. Faktor pertama yaitu variasi jumlah gliserol yang terdiri dari 3 taraf (10%; 20% dan 30%), sedangkan faktor kedua yaitu variasi jumlah ekstrak karotenoid dengan 3 taraf (1,0%; 0,25% dan 0,5%). Edible film yang dihasilkan dinalisis sifat fisik dan mekaniknya meliputi: ketebalan film, kelarutan film dalam air, laju transmisi uap air, tensile strength (kuat renggang putus), dan elongasi (pemanjangan).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variasi jumlah gliserol tidak berpengaruh terhadap ketebalan, tetapi berpengaruh terhadap kelarutan film dalam air, laju transmisi uap air, tensile strength (kuat renggang putus) dan elongasi (pemanjangan).Variasi jumlah karotenoid labu kuning tidak berpengaruh terhadap ketebalan, kelarutan film dalam air, laju transmisi uap air, tensile strength (kuat renggang putus) dan elongasi (pemanjangan). Hasil terbaik keseluruhan diperoleh pada konsentrasi gliserol 10% dengan rerata ketebalan 0,051 mm, kelarutan film 78,81%, laju transmisi uap air 0,19 g.mm/m2.jam, tensile strength 0,14 MPa dan elongasi 45,24 %. sedangkan untuk konsentrasi ekstrak karotenoid labu kuning adalah 0,1%, dengan rerata ketebalan 0,050mm, kelarutan film 82,49%, laju transmisi uap air 0,21 g.mm/m2.jam, tensile strength 0,26 MPa dan elongasi 48,44%.

LOADING LIST...
subiyanto_tririki@yahoo.co.id
Tri Riki Subiyanto - Personal Name
Ir. Adi Ruswanto, MP (P) - Personal Name
Dr. Maria Ulfah, STP, MP - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2018
yogyakarta
LOADING LIST...