Ir. Reni Astuti Widyowanti, M.Si.; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

ANALISIS PENGARUH PENAMBAHAN AIR SEDIMENTASI TERHADAP KUALITAS DAN PREDIKSI PENDANGKALAN KOLAM LIMBAH DI PABRIK KELAPA SAWIT


Kualitas limbah cair menurun disebabkan oleh banyaknya kandungan minyak yang terikut pada final effluent yang dikirim menuju kolam limbah pabrik kelapa sawit. Minyak yang terikut dapat mengganggu proses perombakan yang dilakukan bakteri anaerob sehingga menyebakan menurunnya pH dan Total Alkalinity serta meningkatnya Volatil Fatty Acid (VFA), dan VFA/TA. Air sedimentasi dihasilkan dari proses blowdown boiler, air kapur (CaCO3) keluaran unit claybath dan air pencucian pabrik. Air sedimentasi memiliki pH lebih tinggi dibandingkan dengan final effluent serta ion alkalinitas yang terkandung didalamnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penambahan air sedimentasi terhadap kualitas dan prediksi pendangkalan kolam limbah.
Penelitian dilakukan dengan membuat 5 buah kolam limbah mini dengan variasi pencampuran final effluent dan air sedimentasi berturut-turut 100% : 0%, 80% : 20%, 60% : 40%, 40% : 60% dan 20% ; 80%. Parameter yang di analisis dari penelitian ini adalah pH, Total Alkalinity (TA), Volatil fatty Acid (VFA), dan VFA/TA. Dari 5 variasi pencampuran di kolam limbah mini yang dilakukan diketahui proses perombakan anaerob optimal terjadi pada pH 7,08 dengan angka TA maksimal 1.862 ppm, VFA minimal 62,4 ppm, dan VFA/TA minimal 0,03. Namun, karena adanya 2 faktor pembatas jumlah umpan final effluent dan ketersediaan air sedimentasi, aplikasi yang dapat diterapkan di kolam limbah di pabrik kelapa sawit yakni variasi 60% final effluent dan 40% air sedimentasi dengan hasil analisa pH, TA, VFA, dan VFA/TA berturut-turut 7,28, 2.796,28 ppm, 233,34 ppm, dan 0,08. Setelah diaplikasikan dan dilakukan pengukuran pendangkalan dengan metode sounding, diprediksikan kolam akan mendangkal total selama 44,257 tahun setelah penelitian ini berlangsung.

LOADING LIST...
yogierianto26@gmail.com
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2018
yogyakarta
LOADING LIST...