Ir. Sugeng Wahyudiono, MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

STUDI KESESUAIAN LAHAN TANAMAN JABON (Anthocephalus cadamba (Roxb.) Miq.) MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS DI KABUPATEN SLEMAN PROVINSI DI YOGYAKARTA


INTISARI
Kesesuaian lahan merupakan proses penilaian potensi suatu lahan untuk penggunaan-penggunaan tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui luas wilayah yang sesuai untuk pengembangan tanaman Jabon di Kabupaten Sleman Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan menganalisis wilayah – wilayah yang berpotensi untuk budidaya tanaman Jabon di Kabupaten Sleman Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dengan menggunakan sistem informasi geografis (SIG).
Penelitian ini menggunakan data sekunder yang di ambil langsung dari kantor BAPPEDA Kab. Sleman berupa peta yang menjadi parameter untuk penelitian ini. Parameter tersebut antara lain; Peta administrasi, peta penggunaan lahan, peta curah hujan, peta jenis tanah, peta kemiringan lereng dan peta ketinggian tempat. Metode penelitian yang dilakukan adalah dengan menggunakan teknik skoring dan overlay atribut data spasial pada aplikasi Sistem Informasi Geografi (SIG).
Hasil penelitian menunjukan bahwa dari total luas wilayah Kabupaten Sleman sebesar 57.482 Ha terdapat luas wilayah yang sesuai untuk budidaya tanaman Jabon yaitu 39.689,27 Ha dan luas tidak sesuai 17.845,26 Ha. Dengan rekomendasi kawasan untuk pengembangan budidaya tanaman jabon pada Kecamatan Prambanan dan Kecamatan Cangkringan yang merupakan tingkat persentase untuk budidaya tanaman jabon >80 %.

LOADING LIST...
Ghoba02@gmail.com
Ir. Sugeng Wahyudiono, MP (P) - Personal Name
Yuslinawari, S.Hut, M.Sc - Personal Name
OSVALDO ERYCK GHOBA - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2018
YOGYAKRTA
LOADING LIST...