Iin Indawati; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Keanekaragaman Jenis Tumbuhan Bawah Pada Tegakan Gaharu (Gyrinops versteegii)


Tanaman gaharu (Gyrinops versteegii) merupakan tanaman hutan yang menghasilkan hasil hutan non kayu yang bernilai ekonomi tinggi. Tanaman ini dapat memproduksi gubal gaharu yang aromanya harum yang mengandung damar wangi (aromatic resin) sebagai akibat adanya serangan jamur.
Keberadaan tumbuhan bawah di lantai hutan dapat berfungsi sebagai penahan pukulan air hujan dan aliran permukaan sehingga meminimalkan bahaya erosi. Selain itu, tumbuhan bawah juga sering dijadikan sebagai indikator kesuburan tanah dan penghasil serasah dalam meningkatkan kesuburan tanah. Selain fungsi ekologis, beberapa jenis tumbuhan bawah telah diidentifikasi sebagai tumbuhan yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan pangan, tumbuhan obat, dan berbagai sumber energi alternatif. Namun tidak jarang juga tumbuhan bawah dapat berperan sebagai gulma yang menghambat pertumbuhan permudaan pohon khususnya pada tanaman monokultur yang dibudidayakan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komposisi, dominasi dan keanekaragaman jenis tumbuhan bawah. Penelitian ini dilakukan menggunakan teknik systematic sampling. Untuk pengamatan digunakan PU dengan ukuran 1 m x1 m. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan pada SMK Pertanian Kedawung, Sragen, ditemukan 15 jenis tumbuhan bawah, yang dibagi ke dalam 2 kelompok yaitu .tumbuhan bawah non rumput dan tumbuhan bawah jenis rumput, dengan nilai INP terbesar yaitu jenis tumbuhan Rumput Paitan (Axonopus compressus), dengan nilai 107,51% artinya Chrysalidocarpus lutescens mendominasi pada tegakan gaharu, sedangkan tumbuhan bawah dengan INP terendah yaitu Blimbing – blimbingan (Oxalis barrelieri L.) dengan nilai 3,57%. Untuk keanekaragamannya, diketahui tumbuhan bawah jenis non rumput memiliki keanekaragaman jenis sedang, sedangkan tumbuhan bawah jenis rumputmemiliki keanekaragaman rendah.

LOADING LIST...
iinindawati09@gmail.com
Iin Indawati - Personal Name
Ir. H. Rawana, MP (P) - Personal Name
Hastanto Bowo Woesono, S. Hut, MP - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2018
yogyakarta
LOADING LIST...