SANDRI SAPUTRA; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PERTUMBUHAN DAN HASIL PAKCOY (Brassica rapa L) PADA BERBAGAI MEDIA DAN KOSENTRASI NUTRISI Abmix SECARA HIDROPONIK


INTISARI

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kombinasi perlakuan Konsentrasi nutrisi dan media tanam terhadap pertumbuhan dan hasil pakcoy. Penelitian telah dilaksanakan di Desa Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Waktu Penelitian dilaksanakan dari bulan Maret - April 2017.
Penelitian ini merupakan percobaan faktorial yang disusun dalam Rancangan Acak Lengkap (Completely Randomized Design) dengan dua faktor.Faktor I adalah kosentrasi nutrisi terdiri dari 3 aras yaitu 5mL/liter 10mL/liter dan 15mL/liter. Sedangkan faktor II adalah media tanam terdiri dari 3 aras yaitu rockwoll, arang sekam dan arang kayu. Dari kedua factor tersebut diperoleh 9 kombinasi perlakuan, masing-masing diulang 5 kali. Data dianalisis dengan sidik ragam (Analysis of variance). Apabila ada beda nyata maka dilanjutkan dengan uji jarak berganda (Duncan’s Multiple Range Test) pada jenjang nyata 5%.
Hasil penelitian menunjukkan adanya beda nyata. terhadap perlakuan konsentrasi nutrisi dan media tanaman terhadap. Pertumbuhan dan hasil tanaman pakcoy dengan nutrisi 10mL/liter pada media arang sekam menunjukan hasil yang baik. Hasil pemberian nutrisi 10mL/liter dan 15mL/liter air pada parameter tinggi tanaman dan jumlah daun. Menunjukan hasil yang baik dan juga media arang sekam dan rockwol .


Kata kunci : konsentrasi, media tanam dan tanaman sawi.




LOADING LIST...
saputrasandri02@gmail.com
SANDRI SAPUTRA - Personal Name
Dr. Ir. Candra Ginting, M.P. - Personal Name
Ir. Retni Mardu Hartati,SU. - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2018
yogyakarta
LOADING LIST...