Michael Reza Marande; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH CARA PERBANYAKAN DAN MACAM PUPUK TERHADAP PERTUMBUHAN TURNERA ULMIFOLIA


PENGARUH CARA PERBANYAKAN DAN MACAM PUPUK TERHADAP PERTUMBUHAN Turnera ulmifolia
MICHAEL REZA MARANDE
14/16796/BP
INTISARI
Penelitian ini bertujuan untuk menentukan cara perbanyakan tanaman T. umifolia yang baik dan menentukan macam pupuk yang tepat untuk cara perbanyakan tanaman T. ulmifolia. Penelitian ini dilaksanakan di perkebunan kelapa sawit PT. Tapian Nadenggan yang merupakan salah satu anak perusahaan Sinar Mas yang terletak di Region Kaltim 1, PSM 3, Kebun Pantun Mas Estate (PMSE), desa Sidomulyo, Kecamantan Muara Wahau, Kabupaten Kutai Timur, Provinsi Kalimantan Timur. Waktu penelitian dimulai pada tanggal 31 Januari 2018 sampai dengan 1 Mei 2018.
Penelitian ini menggunakan metode Rancangan sidik ragam untuk mengetahui pengaruh cara perbanyakan dan macam pupuk terhadap tanaman T. ulmifolia.
Cara perbanyakan yang paling baik adalah dengan cara stek batang tanaman dikarnakan tingkat kesuksesan pada perlakuan ini lebih tinggi dibandingkan dengan cara runduk. Macam pupuk yang paling baik adalah dengan campuran top soil dan janjang kosong dengan tambahan 10 gr RP dikarnakan komposisi ini memberikan unsur hara yang mencukupi untuk merangsang pertumbuhan akar dan batang tanaman.

LOADING LIST...
ayonglf@gmail.com
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2018
yogyakarta
LOADING LIST...