Ir. Harsunu Purwoto, M.Eng; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PERANCANGAN DAN FABRIKASI SISTEM INSTALASI PEMBERSIH PASIR PADA PIPA HEADER SLUDGE CENTRIFUGE


Sludge Centrifuge merupakan alat yang berfungsi untuk memisahkan fraksi berat dan ringan pada sludge dengan prinsip gaya sentrifugal. Penyumbatan pipa Header umpan Sludge Centrifuge oleh pasir merupakan masalah yang terjadi pada Sludge Centrifuge Bukit Perak Mill karena penyumbatan Header Sludge Centrifuge dapat mempengaruhi kinerja Sludge Centrifuge, nilai oil loss in heavy phase dan juga life time spare part. Hal ini terjadi karena sludge umpan Sludge Centrifuge masih memiliki kandungan pasir yang tinggi dan menimbulkan akumulasi pasir yang sangat cepat pada jaringan pipa header yaitu penyumbatan sekitar 40% bagian dalam pipa.
Penelitian ini bertujuan untuk perancangan dan pembuatan instalasi pembersih pasir, untuk menjaga nilai oil loss in heavy phase tetap standar, memperpanjang umur penggantian spare part, mengurangi frekuensi pencucian header secara manual yang akan berdampak pada turunnya biaya pencucian header secara manual. Penelitian ini dilakukan dari November 2017 sampai dengan januari 2018 mulai dari perancangan, pembuatan, hingga pengoperasian instalasi.
Total biaya yang diperlukan untuk fabrikasi senilai Rp. 1.530.253 yang terbagi menjadi biaya material senilai Rp. 1.227.253,- dan biaya tenaga kerja sebesar Rp. 303.000,-. Dengan adanya instalasi pembersih pasir pada pipa Header Sludge Centrifuge, tidak terjadi akumulasi pasir yang signifikan pada Header umpan Sludge Centrifuge, nilai oil loss in heavy phase tetap dibawah 0,32 % terhadap TBS, sebelumnya pencucian header dilakukan 1 kali dalam 2 minggu, namun setelah inovasi retensi berkurang menjadi 1 kali dalam 3 bulan. Hal ini menyebabkan turunnya biaya pencucian header sehingga diperoleh penghematan per tahun sebesar Rp. 4.420.000,- dengan payback period selama 4 bulan dari awal pemasangan instalasi.

LOADING LIST...
dyudhistira46@yahoo.com
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2018
yogyakarta
LOADING LIST...