Rey Nilis Kabaena; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI METODE APLIKASI DAN JENIS HERBISIDA UNTUK PENGENDALIAN GULMA ANAK KAYU (Vitex pinnata)


EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI METODE APLIKASI DAN JENIS HERBISIDA UNTUK PENGENDALIAN GULMA ANAK KAYU
(Vitex pinnata)

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dan efisiensi metode aplikasi dan jenis herbisida untuk mengendalikan gulma anak kayu jenis kayu laban (Vitex pinnata) . Penelitian ini dilaksanakan di Perkebunan Sinarmas-6A, Region Kalteng, Sapiri Estate (SPRE). SPRE terletak di Desa Tanjung Jariangau, Kecamatan Mentaya hulu, Kabupaten kotawaringin timur, Provinsi Kalimantan Tengah. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Februari sampai dengan bulan Mei 2018.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah Rancangan Acak Lengkap (Completely Randomized Design) non faktorial yang terdiri atas 11 perlakuan dengan 3 ulangan, sehingga semuanya berjumlah 33 unit perlakuan. Setiap unit perlakuan terdiri atas sekelompok gulma kayu laban yang berjumlah 30 individu gulma. Perlakuan tersebut meliputi : 1) semprot anak kayu triklopir 0.4 %, 2) semprot anak kayu triklopir 0.6 %, 3) semprot anak kayu triklopir 0.8 %, 4) semprot anak kayu glifosat 0.4 %, 5) semprot anak kayu glifosat 0.6 %, 6) semprot anak kayu, glifosat 0.8 %, 7) semprot anak kayu metil metsulfuron 0.4 %, 8) semprot anak kayu metil metsulfuron 0.6 %, 9) semprot anak kayu metil metsulfuron 0.8 %, 10) oles anak kayu triklopir dan solar 1 : 19 (liter), 11) oles anak kayu triklopir dan air 1 : 19 (liter). Efektivitas pengendalian gulma ditetukan berdasarkan hasil analisis vegetasi dan penilaian berdasarkan skoring visual keracunan gulma dari kriteria EWRC (European Weed Research Counsil), sedangkan efisiensi dihitung berdasar kebutuhan biaya per unit perlakuan yang meliputi biaya bahan dan tenaga kerja. Data yang diperoleh dianalisis dengan sidik ragam, apabila ada beda nyata dilanjutkan dengan uji DMRT pada jenjang nyata 5%.
Hasil analisis menunjukan bahwa, pengendalian dengan metode oles anak kayu campuran triklopir dan solar perbandingan 1 : 19 lebih efektif dan efisien dibanding perlakuan lainnya.

Kata kunci : Semprot anak kayu, Oles anak kayu, gulma Vitex pinnata, efektif dan
efisien.

LOADING LIST...
reykabaena.rk@gmail.com
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2018
yogyakarta
LOADING LIST...