SRI AGUS RIANTI; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH ROTASI PRUNING TERHADAP EFEKTIVITAS KARYAWAN PANEN DAN PRODUKSI TANDAN BUAH SEGAR KELAPA SAWIT


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh rotasi pruning terhadap produksi tbs kelapa sawit, untuk mengetahui pengaruh jumlah pelepah dan lilit batang terhadap produksi kelapa sawit, dan untuk mengetahui efektivitas karyawan panen pada rotasi pruning yang berbeda dan untuk mengetahui losses brondolan pada ketiak pelepah.
Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode survey. Perkebunan yang dipilih sudah melakukan intensifikasi dan telah berproduksi. Di kebun tersebut dipilih 9 blok yang telah mewakili perlakuan rotasi under pruning, pruning normal dan over pruning, maka setiap perlakuan terdiri atas 3 blok. Kriteria lingkuangan memiliki keseragaman atau homogen. Analisis data menggunkan Randomized Complate Block Design (RCBD) atau Rancangan Kelompok Lengkap Teracak (RKLT) dan menggunakan aplikasi excel untuk mencari nilai regresi dan korelasi.
Jumlah pelepah tidak mempengarui total janjang dan berat janjang rata-rata, tetapi mempengaruhi lilit batang, dikarenakan kondisi yang tidak favorebel sehingga terjadi akumulasi fotosintat kebagian vegetatif. Jumlah pelepah sangat mempengaruhi efektivitas karyawan panen dalam segi waktu, dikarenakan penurunan pelepah yang menjadi songgo lebih banyak. Jumlah pelepah yang berlebihan sangat mempengarui tingginya losses yang terjadi di kebun, dikarenakan kebiasaan pemanen yang menggunakan teknik panen sistem curi banyak meniggalkan sebagian organ buah dan brondolan pada ketiak pelepah
Kata kunci : rotasi pruning, produksi, efektivitas karyawan panen, losses.
LOADING LIST...
SRI AGUS RIANTI - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
Budidaya Pertanian
2016
Skripsi Budidaya Pertanian
LOADING LIST...