ZULHASRI; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH CURAH HUJAN TERHADAP PRODUKSI KELAPA SAWIT DI PT. INTI INDOSAWIT SUBUR KAB. PELALAWAN, PROV. RIAU


INTISARI
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan curah hujan terhadap produksi kelapa sawit dan mengetahui stabilitas produksi kelapasawit pada perkebunan PT. Inti Indosawit Subur. Penelitian ini dilaksanakan dikebun perusahaan PT. Inti Indosawit Subur yang terletak di KecamatanUkui, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau. Dilaksanakan pada 14 Apri- 15 Mei 2018
Penelitian ini menggunakan survey yang dalam pelaksanaan dibagi dalam dua tahap yaitu survey pertama dan survey kedua. Survey pertama bertujuan untuk mengetahui keadaan kebun atau profil kebun secara umum yang akan diteliti, survey kedua bertujuan untuk memperole data skunder yang meliputi, data produksi tandan buah segar (TBS) kelapa sawit 8 tahun terakhir (2010-2017), dan data curah hujan (8 tahun terakhir). Kemudian dilakukan analisis Korelasi dan Regresi didukung dengan time lag.
Hasil analisis menunjukan curuh hujan berpengaruh nyata terhadap produksi tandan buah segar (TBS) pada tahun berikut nya. Curah hujan dan produksi kelapasawit mempunyai hubungan yang sangat kuat kualitatif kuantitatif yang bernilai R = 0,120*. Korelasi antara curah hujan dan produksi kelapa sawit lebih kuat bernilai R2 = 0,267 pada korelasi antara produksi tahun sesudah nya dengan hari hujan. Faktor lain yang mempengaruhi produktivitas kelapasawit adalah perawatan tanaman dan pemupukan.


Kata Kunci : Curah Hujan, Hari Hujan, Produksi.

LOADING LIST...
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2018
yogyakarta
LOADING LIST...