Arif Umami, S.Si.,M.Sc.; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH MACAM DAN DOSIS PUPUK KANDANG TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN SAWI


INTISARI

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Untuk mengetahui pupuk kandang yang paling baik pengaruhnya terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman sawi, untuk mengetahui dosis pupuk kandang yang tepat untuk pertumbuhan tanaman sawi, untuk mengetahui interaksi antara macam dan dosis pupuk kandang terhadap pertumbuhan dan hasil sawi. Penelitian di lahan KP2 Instiper yang terletak di Desa Kali kuning,Kecamatan Ngemplak,Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Waktu penelitian dilaksanakan selama 51 hari pada bulan 26 Mei-9 Juli 2018.
Rancangan percobaan yang digunakan yaitu Rancangan Faktorial terdiri dari 2 faktor yang disusun dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 2 faktor. Faktor pertama adalah macam pupuk kandang terdiri dari 3 macam yaitu :P1 : pupuk kandang ayam, P2 : pupuk kandang sapi,dan P3 : pupuk kandang kambing. Faktor kedua adalah dosis pupuk kandang yang terdiri dari 3 aras yaitu D1 : 0,27 kg/ tanaman, D2 : 0,54 kg/tanaman, D3 : 0,81 kg/tanaman. Data penelitian dianalisis menggunakan sisik ragam (Analysis of variance) pada taraf 5%. Bila ada beda nyata dilanjutkan dengan uji jarak berganda Duncan atau DMRT (Duncan multiple range test) pada taraf 5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terjadi interaksi nyata antara macam dan dosis pupuk kandang terhadap pertumbuhan dan hasil sawi, macam pupuk kandang berpengaruh nyata terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman sawi. Pupuk kandang kambing dan ayam lebih baik dari pada pupuk kandang sapi. Dosis pupuk kandang memberi pengaruh sama baik terhadap pertumbuhan dan hasil sawi. Dosis 0,27 kg/tanaman lebih efisien dari pada dosis 0,54 kg/tanaman dan 0,81 kg/tanaman.

Kata Kunci : Sawi,Pupuk kandang , Dosis Pupuk

LOADING LIST...
choirulrhamadhan4@gmail.com
Arif Umami, S.Si.,M.Sc. - Personal Name
Ir. Ni Made Titiaryani, MP - Personal Name
CHOIRUL RHAMADHAN - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2018
yogyakarta
LOADING LIST...