Ir. Harsunu Purwoto, M.Eng (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

STUDI TENTANG KINERJA DECANTER TERHADAP PENGUTIPAN MINYAK BERDASARKAN UMPAN DARI SLUDGE TANK..


STUDI TENTANG KINERJA DECANTER TERHADAP PENGUTIPAN MINYAK BERDASARKAN UMPAN DARI SLUDGE TANK
Yulius Surya Putra[1], Ir. Harsunu Purwoto, M.Eng[2], Ir. Gani Supriyanto, M.P[2]
[1] Mahasiswa, [2] Dosen Pembimbing Sekripsi

INTISARI
Pengolahan minyak di stasiun klarifikasi sangat penting untuk menjamin mutu dan rendemen produk minyak. Sludge hasil pengolahan dari pabrik kelapa sawit masih mengandung 6,0-0,7 % minyak dalam sludge. Sludge yang dihasilkan akan dikutip kembali minyaknya oleh decanter. Proses pemisahan pada decanter menggunakan prinsip gaya sentrifugal horizontal yang dihasilkan oleh putaran putaran bowl dan scroll untuk memisahkan menjadi tiga phase yaitu heavy phase, light phase dan solid. Kinerja ini akan pempengaruhi oil losses dipengolahan minyak.
Penelitian dilakukan di PT. Antang Ganda Utama, Kalimantan Tengah. Dengan tujuan mengkaji efesiensi kinerja decanter type Z53-4 464 dalam mengutip minyak pada sludge, analisa berdasarkan identifikasi permasalahan di decanter untuk mendapatkan factor-faktor yang mempengaruhi kinerja decanter type Z53-4 464.
Dari hasil penelitian menunjukan bahwa semakin besar debit sludge yang diumpankan akan menghaasilkan kehilangan minyak diheavy phase dan solid semakin rendah. Sebaliknyak kandungan minyak pada light phase mengalami peningkatan. Dari analisa dapat dilihat debit umpan yang rata-rata yaitu 21 m3/jam dengan kandungan minyak dari keluaran decanter yaitu heavy phase 1,34 % masih diatas standar yaitu 1,42 % sedangkan solid 2,27 lebih kecil dari standar yaitu 3,00 % dan light phase 92,48%. Dengan efesiensi kerja dari decanter berdasarkan keluarannya yaitu 91,37 %.

Kata kunci: Decanter, pengutipan minyak, variasi umpan

LOADING LIST...
yuliussuryap@yahoo.com
Ir. Harsunu Purwoto, M.Eng (P) - Personal Name
Ir. Gani Supriyanto, M.P - Personal Name
YULIUS SURYA PUTRA - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
ISTIPER
2018
yogyakarta
LOADING LIST...