Ir. Tri Nugraha Budi Santosa, MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH CURAH HUJAN TERHADAP TANDAN BUAH PUTUS KELAPA SAWIT


INTISARI
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh curah hujan terhadap penyakit buah putus kelapa sawit serta mencari penyebab lain yang berpotensi menyebabkan penyakit buah putus. Penelitian dilakukan di Perkebunan Sinarmas 2, PT. Sumber Indah Perkasa, Region Lampung, Sungai Merah Estate (SMRE) yang merupakan anak perusahaan dari PT. SMART Tbk di Desa Gunung Tiga, Kecamatan Rawajitu Utara, Kabupaten Mesuji, Provinsi Lampung.
Penentuan blok penelitian ini menggunakan Purposive Sampling dan Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode survei agronomi, di kebun lokasi penelitian. Terdapat 32 Blok di Divisi 3 SMRE. Parameter yang diamati dalam penelitian ini adalah jumlah buah putus yang didapat dengan melakukan grading Tempat Pengumpulan Hasil (TPH). Pencatatan dilakukan setelah panen dan sebelum buah dikirim ke Pabrik Kelapa Sawit.
Data hasil penelitian yang terdiri dari jumlah curah hujan dan jumlah buah buah putus di analisis menggunakan uji regresi sederhana untuk mengetahai curah hujan dengan interval berapa bulan yang berpengaruh terhadap jumlah buah putus. Pada interval tersebut memiliki hubungan positif dan negatif.
Berdasarkan jumlah buah putus yang tercatat selama penelitan menunjukan bahwa jumlah buah putus pada areal darat lebih banyak dari pada areal gambut. Hasil analisis data menunjukan adanya pengaruh curah hujan 4 bulan, 16 bulan, 17 bulan dan 21 bulan berpengaruh terhadap jumlah buah putus pada kelapa sawit.
Kata kunci : Curah Hujan dan Buah Putus

LOADING LIST...
egidiuseridoridi97@gmail.com
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2018
yogyakarta
LOADING LIST...