Dr. Ir. Candra Ginting, MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Pengaruh Aplikasi Biochar (Arang Aktif) Dan Volume Penyiraman Terhadap Pertumbuhan Bibit Kelapa Sawit Di Pre Nursery


INTISARI
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh volume air siraman dan dosis pupuk biochar terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Penelitian ini dilaksanakan di Kebun Pendidikan dan Penelitian (KP2) Institut Pertanian Stiper Yogyakarta, Depok, Sleman, Yogyakarta pada ketinggian tempat 118 meter di atas permukaan laut. Penelitian dilaksanakan pada bulan April hingga Juli 2018.
Penelitian ini menggunakan percobaan faktorial yang disusun dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari dua faktor. Faktor pertama yaitu volume air siraman dan faktor kedua dosis pupuk biochar. Faktor pertama adalah volume air siraman yang terdiri dari 4 aras yaitu : 100 ml/hari, 150 ml/hari, 200 ml/hari, 250 ml/hari. Sedangkan faktor kedua adalah dosis pupuk biochar yang terdiri dari 4 aras yaitu : kontrol, 50 gram, 100 gram, 150 gram. Dari Kedua faktor tersebut diperoleh 16 kombinasi perlakuan dan masing – masing perlakuan dilakukan 3 ulangan. Jumlah bibit yang dibutuhkan adalah : 4 x 4 x 3 = 48 plot percobaan. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan sidik ragam (Anova) pada jenjang nyata 5%. Apabila terdapat beda nyata, dilanjutkan dengan uji DMRT pada jenjang nyata 5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada terjadi interaksi antara pemberian biochar dan volume penyiraman terhadap tanaman bagian atas bibit kelapa sawit, namun ada interaksi antara keduanya terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit pada tanaman bagian bawah yaitu pada berat basah akar dan berat kering akar. Kombinasi yang terbaik untuk pertumbuhan bibit kelapa sawit bagian bawah adalah pemberian pupuk biochar 150 gram dan volume penyiraman 100 ml/hari untuk bibit kelapa sawit di pre nursery, sedangkan pada pertumbuhan tanaman bagian atas tidak dipengaruhi oleh pemberian biochar maupun volume penyiraman.
Kata Kunci : Biochar, volume air siraman, bibit kelapa sawit di pre nursery.
LOADING LIST...
agus12345561@gmail.com
Dr. Ir. Candra Ginting, MP - Personal Name
Ir. Enny Rahayu, MP. (P) - Personal Name
Agus Salim - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2018
yogyakarta
LOADING LIST...