Erick Firmansyah, SP. M. Sc.; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

EFEKTIVITAS TANDAN KOSONG DAN LIMBAH CAIR KELAPA SAWIT TERHADAP PRODUKSI KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq.)


Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh aplikasi Tandan Kosong Kelapa Sawit (TKKS) dan Limbah Cair Kelapa Sawit (LCPKS) terhadap produksi kelapa sawit dankarakter agronomi tanaman kelapa sawit. Penelitian dilakukan di PT. Sawita Karya Manunggul (SKM) yang merupakan salah satu anak perusahaan Sinar Mas yang terletak di Region Kalsel 2, PSM 3, Kebun Sawita (SWTE).
Penelitian dilakukan menggunakan metode survei agronomi dengan melakukan pengukuran beberapa karakter agronomi pada 3 blok yang diaplikasi TKKS, 3 blok yang diaplikasi LCPKS dan 3 blok aplikasi pupuk Anorganik yang masing-masing blok ada 20 tanaman sampel. Disamping itu juga dikumpulkan data pengamatan agronomi dan data sekunder yang meliputi data produksi 5 tahun terakhir, data Berat Janjang Rata-rata (BJR) yang telah diperoleh kemudian dianalisis menggunakan uji t pada jenjang nyata 5 % untuk mengetahui perbedaan antara perlakuan pemupukan TKKS, LCPKS dan pupuk Anorganik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi pupuk Anorganik memiliki produksi tertinggi antara blok perlakuan pupuk TKKS dan pupuk Anorganik selama 5 tahun. Produksi tertinggi antara perlakuan pupuk TKKS dan pupuk LCPKS selama 5 tahun menunjukkan pupuk LCPKS memiliki produksi yang lebih tinggi. Produksi antara pupuk LCPKS dan pupuk Anorganik selama 5 tahun memberikan hasil yang sama. Hasil pengukuran karakter agronomi menunjukkan pada lahan aplikasi pupuk TKKS dan pupuk Anorganik memberikan hasil jumlah pelepah, jumlah bunga jantan dan jumlah bunga betina yang lebih baik pada pupuk TKKS. Sedangkan pada perlakuan pupuk LCPKS dan pupuk Anorganik memberikan hasil lingkar batang tanaman, jumlah pelepah, panjang pelepah, jumlah bunga betina, jumlah tandan dan berat tandan yang lebih baik pada pupuk LCPKS. Perlakuan antara pupuk TKKS dan pupuk LPCKS memberikan hasil lingkar batang tanaman, jumlah pelepah, panjang pelepah, jumlah bunga jantan, jumlah bunga betina dan jumlah tandan yang terbaik pada pupuk LCPKS.
LOADING LIST...
andarusanityoso@gmail.com
Erick Firmansyah, SP. M. Sc. - Personal Name
Ir. Pauliz Budi Hastuti, MP - Personal Name
Sanityoso Andaru - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2018
yogyakarta
LOADING LIST...