ENSON EBRANIUS SAMOSIR; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

MODIFIKASI ALAT SARING PUPUK DI AERIAL FERTILIZATION DI PERKEBUNAN KELAPA SAWIT


INTISARI
Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan tingkat efektivitas dan efisiensi dari saringan modifikasi yang digunakan untuk penyediaan pupuk pesawat di perkebunan kelapa sawit. Penelitian ini dilaksanakan di Perkebunan Sinarmas-6, Region Kalteng-2, Tangar Estate (TNGE). Tangar Estate terletak di Desa Rungau Raya, Kecamatan Danau Seluluk, Kabupaten Seruyan, Provinsi Kalimantan Tengah. Waktu penelitian dilaksanakan pada tanggal 28 bulan Oktober sampai dengan tanggal 31 bulan Oktober 2017.
Penelitian ini dilakukan dengan cara menghitung kebutuhan pupuk yang akan diaplikasikan kemudian berkoordinasi dengan pihak aircraft untuk membuat mapping pemupukan. Setelah mapping didapatkan maka dilanjutkan dengan menghitung jumlah ritase yang dibutuhkan untuk menyuplai pupuk di bin dengan jarak 6,5 km. Satu ritase ditetapkan 5 ton sesuai standar muatan dump truck. Penelitian ini membandingkan 2 perlakuan dengan 5 kali ulangan. Perlakuan yang digunakan adalah perlakuan menggunakan saringan konvensional dan saringan modifikasi. Penelitian dilakukan dengan mengamati waktu, tenaga kerja, jumlah pupuk yang dihasilkan per jam menggunakan saringan pupuk menggunakan saringan modifikasi sebanyak 5 kali ulangan. Kemudian mengamati perlakuan selanjutnya menggunakan saringan pupuk konvensional. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji t pada jenjang nyata 5%.
Hasil analisis menunjukan ada beda nyata antara kedua saringan. Penggunaan saringan modifikasi lebih efektif dan efisien dari saringan konvensional.
Kata kunci : Saringan modifikasi, konvensional, penyediaan pupuk, efektivitas dan efisien.
LOADING LIST...
ensonebranius97@gmail.com
NONE
Text
Indonesia
2018
yogyakarta
LOADING LIST...