Ir. Pauliz Budi Hastuti, MP.; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH APLIKASI BEBERAPA KONSENTRASI LIMBAH CAIR PABRIK KELAPA SAWIT (LCPKS) SEBAGAI PUPUK ORGANIK CAIR DENGAN MIKORIZA TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT DI MAIN NURSERY (MN)


PENGARUH APLIKASI BEBERAPA KONSENTRASI LIMBAH CAIR PABRIK KELAPA SAWIT (LCPKS) SEBAGAI PUPUK ORGANIK CAIR DENGAN MIKORIZA TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT DI MAIN NURSERY (MN)
INTISARI
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aplikasi konsentrasi LCPKS dengan dosis mikoriza terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di main nursery. penelitian ini dilakukan di Perkebunan Sinar Mas 1 (PSM 1), Region Jambi 2, Sungai Air Jernih Estate (SAJE) mulai dari tanggal 05 Februari sampai 31 April 2018. Penelitian ini menggunakan rancangan faktorial yang disusun dalam Rancangan Acak Lengkap/RAL atau CRD (Completely Randomized Design) yang terdiri atas dua faktor. Faktor pertama adalah konsentrasi LCPKS yang terdiri atas 4 aras yaitu konsentrasi LCPKS 0% (sebagai kontrol), konsentrasi LCPKS 10%, konsentrasi LCPKS 20% dan konsentrasi LCPKS 30%. Faktor kedua adalah dosis mikoriza yang terdiri atas 4 aras yaitu dosis mikoriza 0 g (sebagai kontrol), dosis mikoriza 5 g, dosis mikoriza 10 g dan dosis mikoriza 15 g. Dari kedua faktor tersebut diperoleh 16 kombinasi perlakuan, setiap kombinasi perlakuan diulang sebanyak 5 kali sehingga total tanaman seluruhnya yaitu 80 tanaman. Hasil penelitian dianalisis dengan sidik ragam pada jenjang nyata 5%. Perlakuan yang berbeda nyata diuji lanjut dengan Duncans Multiple Range Test (DMRT) untuk mencari perbedaan antar aras. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi LCPKS dengan konsentrasi 20% serta aplikasi mikoriza dengan dosis 10 g memberikan pengaruh terbaik pada pertumbuhan bibit kelapa sawit di MN. Hasil penelitian ini juga membuktikan bahwa tidak ada interaksi nyata antara konsentrasi LCPKS dengan dosis mikoriza.
Kata kunci : Konsentrasi LCPKS, pupuk organik cair, dosis mikoriza, main nursery
LOADING LIST...
willyroberto52@gmail.com
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2018
Yogyajarta
LOADING LIST...