idum satya santi, SP., MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH KEANEKARAGAMAN VEGETASI TUMBUHAN BERMANFAAT SEBAGAI INANG MUSUH ALAMI TERHADAP POPULASI MUSUH ALAMI ULAT API DI PERKEBUNAN KELAPA SAWIT


PENGARUH KEANEKARAGAMAN VEGETASI TUMBUHAN BERMANFAAT SEBAGAI INANG MUSUH ALAMI TERHADAP POPULASI MUSUH ALAMI ULAT API DI PERKEBUNAN KELAPA SAWIT
INTISARI
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh keanekaragaman jenis tumbuhan bermanfaat sebagai inang musuh alami terhadap populasi musuh alami ulat api di perkebunan kelapa sawit. Penelitian ini dilakuan di Perkebunan Sinar Mas 1 Region Sumatera Utara Padang Halaban Estate, pada tanggal 07 Februari-07 April 2018.
Analisa tingkat keanekaragaman vegetasi tanaman inang menggunakan indeks diversitas Shannon-Wiener. Penelitian ini dilakukan dengan menggunankan delapan blok di kompleks tanaman kelapa sawit yang sama, untuk mengetahui tingkat keanekaragaman vegetasi tumbuhan bermanfaat dalam kompleks tersebut. Setelah mengetahui tingkat keanekaragaman vegetasi tumbuhan bermanfaat sebagai inang musuh alami dalam kompleks tersebut, dipilih dua blok yang memiliki nilai tingkat keanekaragaman terendah dan tertinggi berdasarkan analisa indeks diversitas Shannon-Wiener.
Hasil penelitan menunjukan bahwa semakin tinggi keanekaragaman vegetasi tumbuhan bermanfaat sebagai inang musuh alami, maka semaikin tinggi tingkat keanekaragaman jenis serta populasi musuh alami ulat api di perkebunan kelapa sawit.
Kata kunci : Keanekaragaman vegetasi tumbuhan bermanfaat, musuh alami ulat api.

LOADING LIST...
arieboe173@gmail.com
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2018
yogyakarta
LOADING LIST...