E. Nanik Kristalisasi, SP., MP. (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

KAJIAN SISTEM MANAJEMEN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA PENGELOLAAN PERKEBUNAN KELAPA SAWIT BERKELANJUTAN BERDASARKAN KRITERIA RSPO DI PT. KENCANA GRAHA PERMAI CENDANA ESTATE


INTISARI
Penelitian ini bertujuan mengetahui strategi manajemen pengelolaan Sistem Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) perkebunan kelapa sawit berdasarkan kriteria RSPO sebagai syarat memperoleh sertifikat. Penelitian ini dilakukan di perkebunan kelapa sawit PT. Kencana Graha Permai, Cendana Estate, Desa Belaban, Kecamatan Marau, Kabupaten Ketapang, Propinsi Kalimantan Barat, pada bulan Oktober 2017 sampai Februari 2018.
Metode penelitian yang digunakan adalah reduksi data (data reduction), display data (data display) interpretasi data (data interpretation) verifikasi data (conclusions drawing and verifying).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perusahaan telah melakukan kebijakan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) sesuai dengan peraturan pemerintah No.50 tahun 2012 tentang SMK3 yang terencana dan bertanggungjawab diantaranya pembuatan program K3 yang diimplementasikan dan didokumentasi secara keseluruhan, kedisiplinan dalam menjalankan SOP, pelatihan terhadap karyawan dilakukan secara berkelanjutan, melakukan rapat untuk menganalisa dan menanggulangi sebab terjadinya kecelakaan kerja secara rutin, memiliki prosedur kerja yang teridentifikasi resikonya dan tindakan mengatasinya, melakukan pelatihan terhadap karyawan mengenai K3, melakukan pertemuan guna membahas K3 dalam perusahaan, dokumen perusahaan mengenai K3 harus terdokumentasikan, sehingga memperoleh sertifikat RSPO dan membuktikan sebagai perkebunan berkelanjutan.

Kata Kunci : K3, SMK3, RSPO.
LOADING LIST...
gias.mahardika@gmail.com
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2018
yogyakarta
LOADING LIST...