Rudi; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH LAMA PERENDAMAN DAN MACAM SENYAWA KIMIA TERHADAP PERKECAMBAHAN MUCUNA BRACTEATA


INTISARI
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lama perendaman dan macam senyawa kimia terhadap perkecambahan Mucuna bracteata. Penelitian dilaksanakan di Kebun Pendidikan dan Penelitian (KP2) Institut Pertanian Stiper Yogyakarta yang terletak di Desa Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta pada tanggal 05 April – 15 Juni 2017.
Penelitian ini menggunakan metode percobaan rancangan faktorial yang disusun dalam rancangan acak lengkap ( RAL ), yang terdiri dari 2 faktor yaitu : macam senyawa kimia untuk pematahan dormansi benih Mucuna bracteata yang terdiri dari 4 aras perlakuan, yaitu, Kontrol), Air, H2SO4 dan Giberelin. Dan Lama perendaman benih Mucuna bracteata yang terdiri dari 3 aras perlakuan, yaitu, 3 menit, 5 menit dan 3 menit. Dari kedua perlakuan di atas diperoleh 4 x 3 kombinasi perlakuan kemudian diulang 3 kali dengan 2 sampel sehingga dibutuhkan 4x3x3x2 = 72 benih.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terjadi interaksi nyata pada paramater persentase berkecamnbah, tinggi tanaman, jumlah daun , berat segar batang, berat kering batang, berat segar akar dan berat kering akar. Pada pengaruh lama perendaman menunjukkan berpengaruh nyata pada parameter umur berkecambah, persentase berkecambah, dan berat kering batang, sedangkan pada macam senyawa kimia memberikan berpengaruh nyata pada parameter umur berkecambah, persentase berkecambah, tinggi tanaman, berat kering batang, dan berat segar akar. Perlakuan perendaman benih Mucuna bracteata dalam giberelin
100 ppm dapat meningkatkan persentase berkecambah, berat kering batang, tinggi tanaman dan berat segar akar.
Kata Kunci : Mucuna bracteata, lama perendaman, H2SO4, Giberelin

LOADING LIST...
ardianrudi95@gmail.com
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2018
yogyakarta
LOADING LIST...