Ir. Harsunu Purwoto, M.Eng (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Kajian Pengaruh Total Hardness Dan Cleaning In Place Terhadap Tekanan Operasional Reverse Osmosis


Unit pengolahan air di pabrik kelapa sawit merupakan salah satu bagian pendukung yang sangat penting bagi pengolahan di pabrik kelapa sawit, tidak terkecuali suplai untuk stasiun boiler yang merupakan unit penghasil steam untuk keperluan proses. Air yang diproses di stasiun boiler haruslah sesuai dengan standar air untuk diolah di unit boiler. Oleh karena itu sebelum diolah di unit boiler, air diolah terlebih dahulu di unit reverse osmossis, unit reverse osmosis menjadi salah satu bagian water treatment plant yang posisinya ialah paling akhir dari proses water treatment.
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan total hardness terhadap tekanan operasional reverse osmosis. Mengkaji hubungan cleaning in place dengan tekanan operasional reverse osmosis.
Dari hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa hubungan antara total hardness dengan tekanan outlet high pressure pump memiliki hubungan yang kuat terhadap kenaikan tekanan outlet high pressure pump reverse osmosis dengan nilai koefisien determinasi R2 = 0,7062 dan nilai korelasi r = 0,6555 yang dapat diartikan berkorelasi positif. Sedangkan hubungan antara total hardness dengan tekanan outlet stage 3 memiliki hubungan yang lemah terhadap tekanan outlet stage 3 reverse osmosis dengan nilai koefisien determinasi R2 = 0,4109 dan nilai korelasi r = -0,5836 yang dapat diartikan berkorelasi negatif. Proses cleaning in place yang dilakukan telah menurunkan tekanan reverse osmosis, namun meskipun proses cleaning in place yang dilakukan telah menurunkan tekanan reverse osmosis, tekanan tidak kembali seperti awal terutama tekanan pada outlet stage 3. Yang diduga akibat dari adanya total hardness yang terkandung pada air umpan reverse osmosis yang tidak hanya mempengaruhi tekanan reverse osmosis, tetapi juga mempengaruhi keberhasilan cleaning in place.
LOADING LIST...
pra.dwi.setyo.02@gmail.com
Ir. Harsunu Purwoto, M.Eng (P) - Personal Name
Ir. Nuraeni Dwi Dharmawati, MP - Personal Name
Dwi Prasetyo - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2018
yogyakarta
LOADING LIST...