Ir. Nuraeni Dwi Dharmawati, MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PERANCANGAN DAN PEMBUATAN INDIKATOR PENYIMPANGAN BERAT JENIS LARUTAN CaCO3 PADA CLAYBATH


Claybath merupakan unit pemisah yang terdapat pada Stasiun Nut dan Kernel dengan memanfaatkan berat jenis yang berbeda dari cangkang dan kernel sehingga terpisah antara kernel dan cangkang. Kernel memiliki berat jenis yaitu 1.06 g/ml, cangkang (1.15-1.20) g/ml dan larutan optimal dari CaCO3 yaitu (1.12-1.14) g/ml sehingga kernel akan mengapung dan cangkang akan tenggelam. Pengecekan berat jenis larutan CaCO3 masih dilakukan secara manual. Hidrometer merupakan alat yang digunakan untuk mengukur nilai berat jenis larutan, hidrometer terbuat dari kaca yang sangat riskan sekali pecah sehingga diperlukan alternatif alat yang bisa membaca nilai berat jenis larutan
Penlitian ini bertujuan untuk menggantikan hidrometer dengan membaca berat jenis larutan calcium carbonate secara real time. Inductive proximty sensor berfungsi sebagai pembaca sensor logam ,bandul akan terkoneksi dengan dua buah inductive proximty sensor dan dua buah lampu. Saat berat jenis larutan dibawah dari 1.12 g/ml maka lampu warna merah akan menyala untuk memberi tanda agar penambahan calcium carbonate segera dilakukan , dan jika berat jenis diatas dari 1.14 g/ml maka lampu warna kuning akan menyala , sehingga dapat menjadi penanda agar dilakukan penambahan air, sehingga operasional claybath dapat optimal.
Pembuatan alat indikator penyimpangan berat jenis laturan calcium carbonate dapat meningkatkan operasional claybath sehingga mampu menurunkan losses kernel pada claybath 0.0018 tetapi hal ini berbanding terbalik dengan rasio pemakaian calcium carbonate yang mengalamai kenaikan sebesar 0.05 kg/ton TBS. Tetapi losses claybath turun, sehingga biaya yang dapat dihemat perusahaan sebesar Rp. 4.282.500 dalam kurun waktu satu tahun.


LOADING LIST...
prasmahambara@gmail.com
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2018
yogyakarta
LOADING LIST...