Dr.Ir. Danang Manumono,MS (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Tingkat Pengetahuan Petani Terhadap Pemeliharaan Tembakau Rakyat di Kecamatan Parakan Kabupaten Temanggung


Tembakau merupakan salah satu komoditas perdagangan yang penting di dunia produk utamanya adalah daun tembakau dan rokok. Dengan adanya perkebunan tembakau maka sangat membantu perekonomian negara dan juga membuka lapangab pekerjaan yang banyak untuk masyarakat sehingga tingkat pengangguran berkurang.Wanita bekerja sebagai buruh tani tembakau dilakukan untuk memperoleh penghasilan tambahan guna membatu perekonomian keluarga. Peran ganda wanita sebagai ibu rumah tangga dan ikut mencari pendapatan disebabkan oleh dorongan kondisi ekonomi serta tingkat kebutuhan keluarga yang meningkat.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan petani tembakau terhadap pemeliharaan tembakau rakyat di Kecamatan Parakan Kabupaten Temanggung. Teknik pengambilan sampel yang digunakan ialah Purposive Sampling. Metode dalam penelitian ini ialah metode deskriptif kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian tentang Tingkat Pengetahuan Petani Tembakau Terhadap Pemeliharaan Tembakau Rakyat Di Kecamatan Parakan Kabupaten Temanggung menunjukan bahwa pengetahuan petani dengan kategori “Baik”. Dari kategori tersebut dapat diketahui bahwa pertanyaan yang diberikan kepada responden dapat dimengerti dengan baik, walaupun dari penelitian ini ada beberapa pertanyaan yang belum mengetahui salah satu tingkat pengetahuan petani tembakau tentang punggel/wiwil atau suli, namun tidak menjadi pengaruh besar terhadap produktivitas yang dihasilkan oleh para petani.
Kata Kunci: Tembakau, Tingkat Pengetahuan, Pemeliharaan, Petani

LOADING LIST...
firmantuawibowomanik21@gmail.com
082335197226
NONE
Text
INSTIPER
2023
Yogyakarta.
LOADING LIST...