Ir. Priyambada, MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Identifikasi Bahaya Kesehatan Dan Keselamatan Kerja (K3) Terhadap Kegiatan Maintenance Menggunakan Metode Job Safety Analysis (Jsa) Di Stasiun Loading Ramp


IDENTIFIKASI BAHAYA KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA (K3) TERHADAP KEGIATAN MAINTENANCE MENGGUNAKAN METODE JOB SAFETY ANALYSIS (JSA) DI STASIUN LOADING RAMP

Doddy Ramadhan

INTISARI

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan identifikasi potensi bahaya dan resiko kegiatan utama departemen maintenance pada stasiun loading ramp yang berdampak pada aktivitas produksi menggunakan metode Job Safety Analysis (JSA).
Penelitian dilaksanakan pada tanggal 23-29 Mei 2023 di pabrik pengolahan kelapa sawit PT. Gajah Sakti sawit yang berlokasi di Desa Tunggang, Kecamatan Pondok Suguh, Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu. Data primer diperoleh dari pengamatan pada proses kerja dan dokumentasi. Data sekunder diperoleh dari data-data dan studi literatur terkait analisis bahaya dengan metode JSA (Job Safety Analysis) serta dokumen perusahaan PT. Gajah Sakti Sawit.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat potensi bahaya dan resiko pada kegiatan utama departemen maintenance pada stasiun loading ramp yang berdampak pada aktivitas produksi pada pekerjaan mekanik preventive screper conveyor FFB 1 dan 2 seperti tangan mekanik dapat terjepit pada chain, mekanik dapat terpeleset, dan terjatuh menghantam besi. Pada pekerjaan mekanik corrective/perbaikan chain anjlok pada screper conveyor FFB no 2 berupa mekanik dapat mengalami tangan terjepit chain, tertimpa chain, dan terjatuh dari ketinggian. Pada pekerjaan mekanik corrective/perbaikan roda lori antara lain mekanik dapat mengalami tertabrak lori, terjepit atau tertimpa lori. Pada preventive scraper conveyor FFB 1 dan 2 sebaiknya membuat manajeman tools workshop untuk kerapian alat kerja, menerapkan system satu jaga satu (satu preventive satu mengawasi) pengawasan dalam hal pekerjaan dan penggunaan APD (Alat Pelindung Diri), memasang LOTO (Lock Out Tag Out) pada panel mesin sebelum melakukan kegiatan pemeliharaan. Pada pekerjaan corrective/perbaikan chain anjlok pada screper conveyor FFB no 2 mekanik wajib menggunakan APD (body harness) ketika bekerja diketinggian, membersihkan area kerja sebelum memulai pekerjaan, mekanik memberikan tanda apabila akan melakukan running test dengan menggerakan conveyor dan memencet tombol pada panel sebanyak 3 kali, selalu memastikan tidak ada alat yang berada didalam area mesin ketika akan memulai running test, dan memasang LOTO (lock out tag out) pada panel mesin yang wajib diketahui semua orang yang terlibat sebelum melakukan kegiatan pemeliharaan.

LOADING LIST...
dramadhandy01@gmail.com
Ir. Priyambada, MP (P) - Personal Name
Doddy Ramadhan - Personal Name
Ir. L Pandu Pamardi - p - Personal Name
085273232127
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2023
yogyakarta
LOADING LIST...