Ir. Priyambada, MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH SUHU PEMANASAN TERHADAP WAKTU ROASTING BIJI KOPI ARABIKA JENIS GAYO VARIETAS ABBYSINIA DI TILASAWA COFFEE ROASTER YOGYAKARTA


Penelitian ini akan menguji pengaruh suhu pemanasan terhadap waktu dan profil roasting biji kopi Arabika jenis gayo varietas Abbysinia, untuk menentukan biaya produksi dari rendemen penyangraian biji kopi Arabika . Teknik dalam pengambilan data dilakukan dengan mengumpulkan data hasil pengamatan yang akan diolah menjadi sebuah informasi. Dalam proses penyangraian biji kopi Arabika dilakukan pengambilan data dari 3 jenis perlakuan yaitu, jenis profil roasting light roast yang menggunakan suhu 190 Cο, jenis profil roasting medium roast yang menggunakan suhu 200 Cο dan jenis profil roasting dark roast dengan suhu yang digunakan 210 Cο.dari masing masing perlakuan terdapat 3 kali pengulangan pada setiap jenis profil roasting dan suhu yang telah ditetapkan, pada setiap pengulangan menggunakan bahan sebanyak 500 gram biji kopi Arabika , maka penyangraian dilakukan sebanyak 9 kali pengulangan.
Analisa menunjukkan waktu dari hasil penyangraian sangat berpengaruh dalam menentukan hasil Kapasitas Kerja (KA), rendemen dari hasil penyangraian biji kopi terendah terdapat pada jenis profil roasting dark roast dengan suhu 210 Cο sebesar 76% dengan waktu sangrai yang cenderung singkat. Biaya operasi terendah terdapat pada jenis profil roasting light roast sebesar Rp.215.393/kg, dan biaya operasi tertinggi terdapat pada dark roast sebesar Rp.263.196/kg.

LOADING LIST...
wawandalimunthe@gmail.com
082129067749
NONE
Text
INSTIPER
2023
yogyakarta
LOADING LIST...