Dr.Ir.Danang Manumono, M.S. (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

ANALISIS TINGKAT KONTRIBUSI TENAGA KERJA WANITA BURUH TANI TEMBAKAU TERHADAP PENDAPATAN KELUARGA DI KABUPATEN TEMANGGUNG KECAMATAN PARAKAN PROVINSI JAWA TENGAH


Tembakau merupakan salah satu komoditas perdagangan yang penting di dunia produk utamanya adalah daun tembakau dan rokok. Dengan adanya perkebunan tembakau maka sangat membantu perekonomian negara dan juga membuka lapangab pekerjaan yang banyak untuk masyarakat sehingga tingkat pengangguran berkurang.Wanita bekerja sebagai buruh tani tembakau dilakukan untuk memperoleh penghasilan tambahan guna membatu perekonomian keluarga. Peran ganda wanita sebagai ibu rumah tangga dan ikut mencari pendapatan disebabkan oleh dorongan kondisi ekonomi serta tingkat kebutuhan keluarga yang meningkat.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar tingkat kontribusinya wanita terhadap pendapatan keluarga dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kontribusi wanita dalam pendapatan keluarga di kecamatan parakan kabupaten jawa tengah.Teknik pengambilan sampel yang digunakan ialah Purposive Sampling. Metode dalam penelitian ini ialah metode kuantitatif dan data di analisis menggunakan persamaan regresi linier berganda.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan di kecamatan parakan , maka diperoleh Kontribusi tenaga kerja wanita dalam pendapatan keluarga sebesar 33%. Maka kontribusi tenaga kerja wanita tergolong baik dikarenakan angka kontribusi wanita dalam memenuhi pendapatannya lebih dari 25% dan dari segi pendapatan tenaga kerja wanita sudah tergolong baik karena pendapatan rata-rata yang mereka hasilkan sudah memenuhi UMR yang ada di kabupaten temanggung dan Faktor yang mempengaruhi Kontribusi tenaga kerja wanita buruh tani tembakau ialah curahan waktu dan luas lahan. Dan faktor yang tidak mempengaruhi kontribusi tenaga kerja wanita buruh tani tembakau ialah umur dan jumlahtanggungan.
Kata Kunci: Kontribusi wanita, Tembakau

LOADING LIST...
NONE
Text
INSTIPER
2023
yogyakarta
LOADING LIST...