Fitri Kurniawati, SP. MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN PETANI JERUK DI DESA PERTUMBUNGEN KECAMATAN MUNTE KABUPATEN KARO


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui untuk mengetahui penggunaan input pada usaha tani jeruk dan untuk mengetahui pendapatan usahatani jeruk. Metode dasar penelitiaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif melalui survey dan observasi, yaitu usahatani jeruk di Desa Pertumbugen Kecamatan Munthe Kabupaten Karo.
Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari sampai dengan Maret 2022. Teknik pengumpulan data diambil dengan membuat kuisioner dan melakukan wawancara kepada responden,lalu data yang diambil dari instansi yang terkait. Dan data yang diambil pada penelitian ini adalah data primer yaitu data yang diambil dari sebuah penelitian yang dilakukan pada saat tertentu dan hasilnya tidak dapat digeneralisasikan hanya dapat menggambarkan keadaan pada itu seperti kuisioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata–rata luas lahan jeruk milik petani adalah 0,9 Hektare/orang, maka rata rata pendapatan petani adalah sebesar Rp. 122.489.065 dalam satu tahun/usaha tani sedangkan pendapatan per Hektare sebesar Rp. 136.696.433 pendapatan ini adalah pendapatan bersih atau dapat dikatakan sebagai keuntungan petani dalam melakukan usahatani jeruk selama periode Januari – Desember 2021.
Maka jika dilihat dari pendapatan petani jeruk yang mencapai Rp. 136.696.433 /ha/tahun maka jika dihitung pendapatan mereka bisa mencapai Rp. 11.391.369/bulan, sehingga pendapatan petani sudah melebihi Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK).

LOADING LIST...
rahmatginting2016@gmail.com
Fitri Kurniawati, SP. MP - Personal Name
RAHMAT GINTING - Personal Name
Ir. Listiyani, M. P. (P) - Personal Name
081215056990
NONE
Text
INSTIPER
2023
Yogyakarta.
LOADING LIST...