ir. Tri nugraha Budi Santosa, MP.; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Pengaruh Aplikasi Vermikompos Dan Volume Penyiraman Terhadap Pertumbuhan Bibit Main Nursery


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian vermikompos dan volume penyiraman pada pertumbuhan bibit kelapa sawit di main nursery, yang telah dilaksanakan di KP2 Kalikuning, Desa Wedomartani, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Yogyakarta pada bulan November – Februari 2023.
Penelitian ini menggunakan metode percobaan dengan rancangan acak lengkap (RAL) faktor pertama adalah pemberian dosis vermikompos yang terdiri dari tiga aras yaitu, dosis 100g vermikompos (D1), dosis 200 g vermikompos (D2), dosis 300 g vermikompos (D3). Faktor kedua adalah volume penyiraman yang terdiri dari tiga aras yaitu, volume penyiraman 500 ml/hari, volume penyiraman sehari 1000 ml/hari, volume penyiraman 2000 ml/hari. dari dua perlakuan tersebut diperoleh 3 x 3 = 9 kombinasi perlakuan. Setiap perlakuan dilakukan 3 kali ulangan, sehingga jumlah seluruh tanaman 9 x 3 = 27 tanaman. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan sidik ragam ( Anova ) pada jenjang nyata 5%.
Hasil analisis menunjukkan bahwa pemberian dosis vermikompos dan volume penyiraman pada bibit kelapa sawit di Main nursery tidak terjadi interaksi nyata pada kombinasi vermikompos dan volume penyiraman. Pemberian vermikompos dengan dosis 100 g dan volume penyiraman 500 ml sudah mencukupi pertumbuhan bibit kelapa sawit di main nursery.

LOADING LIST...
bagusmaulana3122@gmail.com
081263639345
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2023
yogyakarta
LOADING LIST...