Dr Ismiasih S.TP.M.Sc; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PETANI DI LAHAN PASIR MELALUI PERAN KELOMPOK TANI (Studi Kasus: Kelompok Tani Pasir Makmur, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta)


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan pemberdayaan masyarakat petani di Kelompok Tani Pasir Makmur dan mengetahui peran Kelompok Tani Pasir Makmur dalam pemberdayaan masyarakat petani. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di Kelompok Tani Pasir Makmur, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengambilan anggota sampel dari populasi yang dilakukan secara acak tanpa memperhatikan stara yang ada dalam populasi dan setiap anggota populasi memiliki kesempatan yang sama untuk dijadikan sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 30 sampel yang akan mewakili dari populasi yang merupakan petani di Kelompok Tani Pasir Makmur. Metode pengambilan dan pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, kuesioner, pencatatan, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif untuk mengetahui kegiatan Kelompok Tani Pasir Makmur kemudian dilanjutkan dengan analisis data rating scale menggunakan rating scale metode yang digunakan untuk mengukur peran Kelompok Tani Pasir Makmur terhadap pemberdayaan masyarakat.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pemberdayaan masyarakat di Kelompok Tani Pasir Makmur adalah kegiatan budidaya tanaman hortikultura dan pemasaran hasil panen dan peran Kelompok Tani Pasir Makmur dalam pemberdayaan masyarakat antara lain adalah sebagai kelas belajar, wahana kerjasama dan unit produksi.

LOADING LIST...
damanikpanca01@gmail.com
Dr Ismiasih S.TP.M.Sc - Personal Name
Resna Trimerani, S.Pi., M.Sc. - Personal Name
Panca Wani Damanik - Personal Name
081393410953
NONE
Text
INSTIPER
2023
yogyakarta
LOADING LIST...