Tri Endar Suswatiningsih, SP., MP. (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

DAMPAK E-COMMERCE TERHADAP PERILAKU KONSUMSI MAKANAN OLEH MAHASISWA DI YOGYAKARTA


Penelitian yang dilakukan di Instiper Yogyakarta bertujuan untuk mengetahui e-commerce yang digunakan oleh mahasiswa untuk membeli makanan, mengetahui variasi makanan yang dibeli oleh mahasiswa menggunakan e-commerce, dan mengetahui dampak e-commerce terhadap perilaku konsumsi makanan oleh mahasiswa. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif kuantitatif. Pengambilan sample menggunakan accidental sampling kriteria dengan jumlah sampel 97 mahasiswa dan pengujian hipotesis menggunakan uji t. Hasil penelitian yang diperoleh e-commerce yang digunakan oleh mahasiswa di Instiper Yogyakarta adalah shopee (70,1%), grab (15,5%), dan gojek (14,4%). Shopee lebih banyak digunakan karena lebih memberikan diskon dan promo yang lebih tinggi. Makanan yang dipesan melalui e-commerce oleh mahasiswa meliputi bahan pokok (14,4%), makanan utama (38,1%), makanan penutup (30,9%), dan cemilan (16,5%). Dampak positif penggunaan e-commerce mempermudah pemenuhan kebutuhan, efisien waktu, dan efisien tenaga dan dampak negative e-commerce adalah terjadinya peningkatan pengeluaran, terjadinya peningkatan pembelian makanan, dan timbulnya perilaku konsumtif. Berdasarkan hasil uji t pengeluaran sesudah menggunakan e-commerce lebih besar daripada pengeluaran sebelum menggunakan e-commerce.
LOADING LIST...
fatimahkhusnul91@gmail.com
081390625136
NONE
Text
INSTIPER
2023
Yogyakarta.
LOADING LIST...