Istiti Purwandari, SP,. MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Analisis Sistem Pengupahan Karyawan Panen di PT Katingan Indah Utama, Kecamatan Paranggean, Kabupaten Kotawaringin Timur, Provinsi Kalimantan Tengah


Penelitian ini berjudul Analisis Sistem Pengupahan Karyawan Panen di PT Katingan Indah Utama, Kecamatan Paranggean, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah dengan tujuan untuk mengetahui sistem pengupahan serta mengetahui apa saja yang menjadi komponen upah di PT Katingan Indah Utama. Penelitian ini dilakukan di PT Katingan Indah Utama, Kecamatan Paranggean, Kabupaten Kota Waringin Timur, Kaliamantan Tengah dan dilaksanakan pada bulan agustus hingga bulan Oktober 2022.
Metode dasar yang digunakan dalam penelitian ini ialah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif kombinasi kuatitatif dan kualitatif. Dengan metode pengumpulan sampel ialah metode purposive sampling. Pengambilan sampel sebanyak 20 orang. Pengambilan sampel sebanyak 20 orang, dari jumlah populasi sebanyak 30 orang.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem pengupahan karyawan panen yang digunakan di PT Katingan Indah Utama ialah menggunakan sistem piece rate, yakni upah dibayarkan berdasarkan output atau hasil produktivitas karyawan panen. Terdapat beberapa komponen yang masuk kedalam upah yaitu: hasil produktivitas berdasarkan jenis pekerjaannya, premi panen, bonus produktivitas hari raya (BPHR), catu beras, dan tunjangan BPJS. Selain komponen upah terdapat potongan – potongan upah, seperti: potongan alat panen, pinjaman perusahaan, denda panen, denda pajak, pph 21, dan potongan koperasi.




Kata kunci: Karyawan Panen, Manajemen Panen, dan Sistem Pengupah

LOADING LIST...
ciciliad7@gmail.com
Istiti Purwandari, SP,. MP (P) - Personal Name
Ir. Listiyani, MP - Personal Name
Cicilia Dewi Kristiyani - Personal Name
081213099670
NONE
Text
INSTIPER
2023
yogyakarta
LOADING LIST...