Elisabeth Nanik Kristalisasi, SP. MP.; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

KAJIAN PENGARUH UMUR TANAM KELAPA SAWIT TERHADAP PERTUMBUHAN VEGETASI BAWAH


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jumlah vegetasi bawah dan perbedaan pertumbuhan pada kelompok vegetasi bawah pada umur tahun tanam kelapa sawit TBM, TM muda, TM remaja, dan TM tua. Penelitian ini dilakukan di KP2 Institut Pertanian Stiper Ungaran yang terletak di Desa Jatijajar, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Penelitian ini dilakukan pada bulan Oktober 2022.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode survei yang digunakan untuk memperoleh data dan Pengambilan sampel secara purposive sampling dengan petak plot sampel 1 x 1 meter. Rancangan yang digunkan pada penelitian ini Rancangan Acak Lengkap dengan satu faktor yaitu umur tahun tanam kelapa sawit yang terdiri dari: TBM (3tahun), TM Muda (5 tahun), TM Remaja (10 tahun), dan TM Tua (15 tahun), masing-masing diambil 3 plot sampel sebagai ulangan.
Diperoleh hasil penelitian pada jumlah tumbuhan vegetasi bawah terbanyak terdapat pada umur tahun tanam kelapa sawit TBM (3 tahun). Jenis tumbuhan kelompok rumputan mendominasi vegetasi bawah pada seluruh umur tahun tanam kelapa sawit TBM (3 tahun), TM Muda (5 tahun), TM Remaja (10 tahun)dan TM Tua (15 tahun). Pertumbuhan vegetasi bawah terendah terdapat pada jenis tumbuhan kelompok rumputan di umur tahun tanam kelapa sawit TM Remaja (10 tahun) dan TM Tua (15 tahun). Jenis tumbuhan kelompok tekian dan daun lebar di umur tahun tanam kelapa sawit TBM (3 tahun), TM Muda (5 tahun), TM Remaja (10 tahun) dan TM Tua (15 tahun) pertumbuhannya sama.
LOADING LIST...
harisukma75@gmail.com
082115028982
NONE
Text
INSTIPER
2022
yogyakarta
LOADING LIST...