Ir. Harsunu Purwoto, M.Eng (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

STOPPER BLOCK BUSHING RODA LORI di PKS SUNGAI BENGKAL MILL, JAMBI



STOPPER BLOCK BUSHING RODA LORI di PKS SUNGAI BENGKAL MILL, JAMBI
Achmad Rosyidin
ABSTRAK
Lori (fruit cages) berfungsi sebagai tempat memuat dan mengangkut tandan buah segar (fresh fruit bunch) saat direbus dalam tabung sterilizer. Pada jalannya operasional lori di PKS SBNM sering terjadi kerusakan pada unit lori, hal ini menyebabkan terjadinya lori anjlok. Lori anjlok disebabkan roda lori yang keluar dari rail track karena lepas block bushing. Lepas block bushing disebabkan terjadi kelonggaran mur pada baut yang menyebabkan terjadjnya missalignment antara chasis lori dan bolck bushing.
Tujuan dari penelitian adalah melakukan perancanganan dan fabrikasi stopper block bushing roda lori, menganalisis kekuatan sambungan las pada stopper block bushing, memperkokoh block bushing agar tidak terjadi missalignment dan menganalisis penghematan perbaikan kerusakan pada lori.
Perencangan dan fabrikasi stopper block bushing dilakukan untuk semua lori berkapasitas 5 ton, terbuat dari bahan plate mild steel, dengan ukuran tebal 20 mm, lebar 35 mm, dan panjang 80 mm. Proses pemasangan stopper dilakukan pada lori menggunakan cara pengelasan. Kekuatan sambungan dihitung dengan nilai tegangan tarik yang bekerja pada stopper block bushing 86.473 N/ mm2 lebih kecil daripada batas tegangan tarik pada kampuh las RB 26 Kobe Steel yang diijinkan 431,686 N/ mm2, dengan nilai faktor keamanan sebesar 4.9. Penggunaan stopper memperkokoh block bushing terlihat dari baut pengikat tidak miring pada 1 bulan ujicoba, tidak terjadinya missalignment antara chasis lori dan block bushing. Penghematan biaya perbaikan kerusakan pada lori selama 1 bulan pemakaian dengan 1 bulan sebelum pemakaian stopper block bushing yaitu Rp. 2.290.911,-


Kata kunci : Block Bushing, Lori, kawat las RB-26 Kobe Steel

LOADING LIST...
achmadrosyidin02@gmail.com
Ir. Harsunu Purwoto, M.Eng (P) - Personal Name
Achmad Rosyidin - Personal Name
Dwi Suprapto, S.TP - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2018
yogyakarta
LOADING LIST...