Ir. Priyambada, MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

APLIKASI PENGENDALIAN GULMA MENGGUNAKAN SPRAYER ELEKTRIK DENGAN NOZZLE FLAT FAN DAN LUBANG EMPAT


Populasi gulma yang menyebabkan dampak negatif membuat perlunya dilaksanakan kegiatan pengendalian gulma. Jenis pengendalian gulma yang umumnya dilakukan adalah secara manual dan kimia. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis biaya penyemprotan dan tingkat kematian gulma menggunakan sprayer elektrik dengan nozzle flat fan dan nozzle lubang empat.
Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis biaya penyemprotan dan tingkat kematian gulma menggunakan sprayer elektrik dengan nozzle yang berbeda yaitu nozzle flat fan dan nozzle lubang empat. Penelitian ini dilaksanakan di kebun jambu Kristal Sembego, Kalurahan Maguwoharjo, Kapanewon Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui biaya penyemprotan dari kedua nozzle flat fan maupun nozzle lubang empat dan mengetahui total biaya operasi yang dibutuhkan dari nozzle flat fan dan nozzle lubang empat serta mengetahui tingkat kematian gulma yang telah diuji di lapangan menggunakan nozzle flat fan dan nozzle lubang empat.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada prestasi kerja nozzle flat fan dan nozzle lubang empat didapatkan nilai 0,083 ha/jam, sedangkan nozzle lubang empat 0,311 ha/jam. Pada biaya operasi nozzle flat fan dengan nilai Rp 155.311,6/ha, sedangkan nozzle lubang empat sebesar Rp 41.372,9/ha. Untuk pengamatan gulma pada nozzle flat fan minggu pertama sebesar 0,849 kg/m2, minggu kedua 0,863 kg/m2, minggu ketiga 0,917 kg/m2. Sedangkan pada nozzle lubang empat didapatkan nilai minggu pertama sebesar 0,836 kg/m2, minggu kedua 0,877 kg/m2, minggu ketiga 0,936 kg/m2.
LOADING LIST...
bayuwicaksono9900@gmail.com
Ir. Priyambada, MP (P) - Personal Name
Ir. YT Seno Ajar Yomo, MP - Personal Name
Bayu Wicaksono - Personal Name
082115926739
NONE
Text
INSTIPER
2022
yogyakarta
LOADING LIST...