Ir. Priyambada, MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENJADWALAN TRANSPORTASI ANGKUT TANDAN BUAH SEGAR (TBS) KELAPA SAWIT GUNA MENGURANGI RESTAN DI PT NUSANTARA SAWIT PERSADA (NSP) NUSANTARA ESTATE (NSRE) KALIMANTAN TENGAH


INTISARI
Transportasi merupakan bagian yang penting pada industri kelapa sawit. Kegiatan transportasi adalah bagaimana mengangkut TBS (tandan buah segar) secepatnya ke pabrik. Program pengangkutan buah diatur berdasarkan taksasi panen harian yang dibuat beberapa hari sebelumnya sehingga selanjutnya jumlah kebutuhan kendaraan dan tenaga muat yang harus disediakan oleh afdeling dapat diatur. Transportasi panen yang optimal dilihat dari jumlah restan TBS di TPH yang minimum. Semakin sedikit jumlah TBS restan maka semakin baik manajemen transportasi panen. Hal ini berarti diperlukan penjadwalan dalam mengatur flow pengangkutan guna mengoptimalkan unit transportasi.
Pada penyusunan penjadwalan transportasi hasil panen ada beberapa aspek yang akan dijadikan dasar penyusunan. Aspek tersebut antara lain waktu muat, angkut dan bongkar, jarak angkut, dan jumlah beban angkut. Komponen kompoonen tersebut akan dijadiakan dasar dalam menentukan penjadwalan transportasi hasil panen. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan metode penjadwalan transportasi panen kelapa sawit dapat meningkatkan efisiensi pengangkutan. Dengan adanya penjadwalan transportasi hasil panen TBS dari TPH menuju PKS efektifitas dapat ditingkatkan dari yang sebelumnya 82,27% menjadi 100%. Jadi dengan penjadwalan transportasi hasil panen TBS seluruh hasil panen di TPH dapat terangkut dan tidak terdapat buah restan.

LOADING LIST...
halimarsy12@gmail.com
Ir. Priyambada, MP (P) - Personal Name
Ir. Gani Supriyanto, MP. IPM - Personal Name
M Halim Arsy Sidiq - Personal Name
081251239751
NONE
Text
INSTIPER
2022
YOGYAKRTA
LOADING LIST...