HANSARI YUSUF HARAHAP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PEMBUATAN SPROCKET FRUIT ELEVATOR DARI BAHAN MILD STEEL ASTM A36 1 INCH DAN SHAFT SPUR GEAR KS 15


Sprocket merupakan salah satu equipment dari fruit elevator yang berfungsi mentransmisikan daya untuk menggerakkan chain elevator. Terjadinya mis-alignment antara sprocket dan chain menyebabkan kegagalan fungsi dari elevator yang dampaknya ialah breakdown pabrik.
Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan perancangan dan pembuatan sprocket dari bahan mild steel ASTM A36, membandingkan tingkat laju keausan dari kedua sprocket, dan menurunkan biaya cost maintenance pengadaan sprocket dari renold.
Dari hasil penelitian, didapat bahwa perancangan dan pembuatan sprocket fruit elevator telah dilakukan dengan biaya Rp 1.057.789 untuk 1 unit sprocket yang meliputi biaya material dan biaya upah man power sedangkan harga 1 unit sprocket dari renold sebesar Rp 2.880.000. Dari data pengamatan operasional fruit elevator no.2 selama 68 hari dengan total jam olah 1454,63 jam rata-rata laju keausan sprocket mild steel ASTM A36 sebesar 0,571 % per jam olah, sedangkan elevator no.3 yang menggunakan sprocket renold mengalami tingkat laju keausan sebesar 0.532 %.
Keunggulan pembuatan sprocket dari bahan mild steel ASTM A36 dan shaft spur gear KS 15 diantaranya biaya pembuatan lebih murah sebesar Rp. 1.822.211 walaupun tingkat keausan pada sprocket mild steel ASTM A36 lebih tinggi sebesar 0,039 % per jam olah TBS namun aktual pemakaian sprocket renold mudah mengalami pecah pada saat dioperasikan.

LOADING LIST...
hansariyusuf96@yahoo.com
HANSARI YUSUF HARAHAP - Personal Name
Ir. Rochmadi, MBA - Personal Name
Ir. Harsunu Purwoto, M.Eng(P) - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2018
yogyakarta
LOADING LIST...