Ir. Sri Manu Rochmiyati, M.Sc. (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH TINGGI MUKA AIR TANAH DI LAHAN GAMBUT DENGAN TINGKAT KEMATANGAN YANG BERBEDA TERHADAP PRODUKTIVITAS KELAPA SAWIT


Penelitian dengan tujuan untuk mengetahui produktivitas kelapa sawit di lahan gambut pada tingkat tinggi muka air tanah yang berbeda di perkebunan Sinarmas PT. Bumipalma Lestaripersada, Bumi Palma Estate, Kabupaten Indragiri Hilir Provinsi Riau. Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret – Mei 2022. Penelitian ini menggunakan metode survei, dengan data yang diperoleh berupa data primer maupun data sekunder. Data primer diperoleh dari penentuan blok tanaman pada lahan gambut dengan kematangan hemik dan saprik, dimana masing-masing kematangan gambut diwakili oleh 3 blok, dan pada masing-masing blok pengamatan terdiri dari 30 sampel pokok, untuk diukur pertumbuhan tanaman (tinggi tanaman, diameter batang, panjang pelepah, lebar petiole, berat janjang/pokok, jumlah janjang/pokok, jumlah bunga betina, jumlah bunga jantan, dan sex ratio). Data sekunder di blok pengamatan diperoleh dari kantor estate meliputi data curah hujan tahun 2016-2020, data produksi tahun 2017-2021, data pemupukan tahun 2016-2020, dan data tinggi muka air tahun 2016-2020. Setelah data dikumpulkan, kemudian data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan uji paired t-test pada jenjang nyata 5% dan analisis korelasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tinggi muka air tanah pada lahan gambut hemik dan lahan gambut saprik memberikan pengaruh yang sama terhadap produksi kelapa sawit, produktivitas kelapa sawit pada lahan gambut hemik dan lahan gambut saprik di lokasi penelitian sudah mencapai potensi produksinya, tapi mengalami penurunan yang cukup signifikan pada tahun 2021 dikarenakan dampak defisit air pada tahun 2019. Lahan gambut saprik memiliki pengaruh yang sama terhadap pertumbuhan vegetatif (tinggi tanaman, diameter batang, panjang pelepah, dan lebar potiole) tapi berpengaruh lebih baik dibandingkan lahan gambut hemik terhadap pertumbuhan generatif tanaman kelapa sawit (jumlah bunga betina, jumlah tandan dan berat tandan).

LOADING LIST...
rajanakokalsiregar@gmail.com
085210927079
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2022
yogyakarta
LOADING LIST...