ISTITI PURWANDARI, S.P., M.P.; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PERANAN AGROWISATA TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI SEKITAR PT CANDI LOKA KEBUN TEH JAMUS KABUPATEN NGAWI PROVINSI JAWA TIMUR


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bisnis usaha dan jasa yang ada di sekitar Agrowisata Kebun Teh Jamus dan mengetahui peranan Agrowisata Kebun Teh Jamus terhadap tingkat kesejahteraan masyarakat. Metode penentuan lokasi menggunakan metode purposive sampling. Lokasi penelitian ini di Agrowisata Kebun Teh Jamus yang bertempat di Desa Girikerto, Kecamatan Sine, Kabupaten Ngawi Jawa Timur. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni sampai Juli tahun 2022. Metode penentuan sampel responden dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling. Sampel yang diambil adalah 15 orang masyarakat pengusaha sekitar agrowisata dan 15 orang pekerja agrowisata PT Candi Loka.
Bedasarkan hasil penelitian diketahui bahwa Agrowisata Kebun Teh Jamus berperan terhadap kesejahteraan masyarakat sekitar. Hal ini dapat dilihat dari peran ekonomi yaitu peningkatan pendapatan masyarakat dari sebelum bekerja di agrowisata dan setelah bekerja di agrowisata. Peran sosial yaitu tersedianya kesempatan kerja di agrowisata yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat, banyak fasilitas yang dapat digunakan masyarakat serta bisnis usaha yang ada di sekitar agrowisata beragam jenisnya seperti usaha jualan (warung), usaha jualan makanan dan minuman, dan juga penjual teh. Sedangkan peran budaya yaitu masyarakat menjadi lebih peduli terhadap lingkungan sekitarnya dapat dilihat dari segi sikap peduli lingkungan, serta budaya gotong royong yang masih dilakukan setiap minggunya.


Kata kunci: Agrowisata, kesejahteraan masyarakat, dan peranan
LOADING LIST...
Kristinuzp@gmail.com
ISTITI PURWANDARI, S.P., M.P. - Personal Name
Ir. Listiyani, M.P. - Personal Name
Sahman Kristinus Purba - Personal Name
081366307328
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2022
yogyakarta
LOADING LIST...