Hangger Gahara Mawandha, SP., M. Sc; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH HERBISIDA ISOPRPILAMINA GLIFOSAT DAN POLYOXYETHYLENE ALKY ETHER UNTUK MENGENDALIKAN GULMA Eleusine indica


Penelitian lapangan ini dilaksanakan di PT. Kresna Duta Agroindo, Rantau Panjang Estate (RPNE), Desa Rantau Panjang, Kecamatan Telen, Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur. Waktu Penelitian dimulai Februari 2022 sampai dengan April 2022. Penelitian dilakukan untuk mengetahui herbisida yang efektif dan efisien untuk mengendalikan gulma Eleusine indica di perkebunan kelapa sawit.
Rancangan percobaan yang disusun dalam rancangan acak lengkap (RAL) dengan percobaan 3 kali ulangan, faktor pertama adalah herbisida isopropilamina glifosat (G) yang terdiri dari 3 aras yaitu, 1,78 g (G1), 2,85 g (G2), dan 3,56 g (G3). Faktor kedua adalah penambahan surfaktan dengan bahan aktif polyoxyethylene alky ether (S) yang terdiri dari 4 aras yaitu: 0 g (S0), 0,67 g (S1), 1,072 g (S2), dan 1,34 g (S3).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada interaksi nyata antara perlakuan herbisida isopropilamina glifosat dengan penambahan surfaktan polyoxyethylene alky ether terhadap tingkat keracunan, semakin tinggi kandungan herbisida glifosat menyebabkan gejala keracunan gulma E. indica yang semakin besar tetapi tidak menyebabkan kematian pada gulma. Penambahan surfaktan polyoxyethylene alky ether tidak mampu membantu daya racun herbisida isopropilamina glifosat terhadap gulma E. indica. Hasil aplikasi herbisida isopropilamina glifosat tanpa penambahan surfaktan maupun ditambah surfaktan tidak menyebabkan kematian pada gulma E. indica.
LOADING LIST...
muhammadnor397@gmail.com
Hangger Gahara Mawandha, SP., M. Sc - Personal Name
Ir. Abdul Mu'in, MP. (P) - Personal Name
Muhammad Nor - Personal Name
+6285249618897
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2022
yogyakarta
LOADING LIST...