Wahyu Dewangga N.W.P; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH ASAL BAHAN STEK DAN MACAM ZPT TERHADAP KEBERHASILAN PERTUMBUHAN STEK Turnera subulata


INTISARI
Turnera subulata memiliki peran yang sangat penting dalam mengendalikan serangan ulat api dengan berperan sebagai tanaman inang. Tanaman ini sering diperbanyak dengan cara stek karena mudah dan cepat. Perusahaan juga sering menambahkan Zat Pengatur Tumbuh untuk meningkatkan keberhasilan stek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh asal bahan stek dan macam ZPT terhadap keberhasilan pertumbuhan stek Turnera subulata.
Rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari dua faktor yaitu sumber bahan tanam (3 aras): yaitu batang bagian atas ruas ke 2-3 (S1), batang bagian tengah ruas ke 4-5 (S2), dan batang bagian bawah ruas ke 6-7 (S3). Faktor kedua adalah penggunaan ZPT yang terdiri dari filtrat bawang merah (Z1), Rootone-F (Z2) dan Kontrol (Z3).
Hasil penelitian menunjukan bahwa batang bagian atas memberikan hasil paling baik, sedangkan batang bagian tengah memiliki hasil yang tidak berbeda nyata dengan batang bagian bawah. Hasil penelitian terhadap penambahan ZPT menunjukan jika pemberian ZPT dari filtrat bawang merah memberikan hasil yang paling baik.

Kata kunci: Turnera subulata, bahan stek, zat pengatur tumbuh

LOADING LIST...
wahyudewangga.nwp@yahoo.com
081313333614
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2022
yogyakarta
LOADING LIST...