Istiti Purwandari, SP., MP. (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

ANALISIS KONTRIBUSI PERUSAHAAN TERHADAP PENDAPATAN DAN PENYERAPAN TENAGA KERJA MASYARAKAT LOKAL DI PT CANDI LOKA KEBUN TEH JAMUS KABUPATEN NGAWI PROVINSI JAWA TIMUR


INTISARI

Penelitian berjudul Analisis Kontribusi Perusahaan Terhadap Pendapatan dan Penyerapan Tenaga Kerja Masyarakat Lokal di PT Candi Loka Kebun Teh Jamus Kabupaten Ngawi Provinsi Jawa Timur ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi PT Candi Loka terhadap penyerapan tenaga kerja dan pendapatan rumah tangga tenaga kerja bulanan, harian, dan borongan. Penelitian ini berlokasi di PT Candi Loka Kebun Teh Jamus, Desa Girikerto, Kecamatan Sine, Kabupaten Ngawi, Provinsi Jawa Timur yang dipilih menggunakan metode purposive sampling dan dilaksanakan pada bulan Juni hingga Juli Tahun 2022.
Metode dasar yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Analisis data dilakukan menggunakan metode analisis statistik deskriptif dengan metode penentuan sampel yaitu stratified random samping. Pengambilan sampel sebanyak 33 responden terdiri dari 11 pekerja bulanan, 11 pekerja harian, dan 11 pekerja borongan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa kontribusi perusahaan terhadap penyerapan tenaga kerja masyarakat lokal dalam wilayah sebesar 19,15% dan kontribusi perusahaan dalam penyerapan tenaga kerja di rumah tangga sebesar 65,79% yang terdiri dari pekerja bulanan sebesar 18,85%, pekerja harian sebesar 26,70%, serta pekerja borongan sebesar 20,24%. Sedangkan kontribusi perusahaan terhadap pendapatan keluarga tenaga kerja masuk kategori besar karena lebih dari 50%. Kontribusi perusahaan terhadap pendapatan keluarga rata-rata pekerja bulanan sebesar 58,93%, pekerja harian sebesar 59,06% dan pekerja borongan sebesar 61,87%.

Kata kunci: kontribusi pendapatan, kontribusi penyerapan tenaga kerja, dan perusahaan perkebunan teh.

LOADING LIST...
isnainiirsa1601@gmail.com
085820457309
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2022
yogyakarta
LOADING LIST...