Ir. Samsuri Tarmadja, MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

KAJIAN INSECT VISITOR PADA DELAPAN JENIS TUMBUHAN VEGETASI BAWAH KEBUN KELAPA SAWIT


Delapan tumbuhan vegetasi bawah kelapa sawit yang diamati memiliki karakteristik yang berbeda-beda seperti memiliki tekstur daun, warna bunga dan aroma khas dari delapan tumbuhan vegetasi bawah tersebut. Karakteristik tumbuhan vegetasi bawah tersebut adalah hal yang diinginkan serangga untuk hinggap dan melakukan aktivitas setiap harinya. Apakah persaman dan perbedaan karakteristik pada delapan tumbuhan vegetasi bawah kelapa sawit mempengaruhi daya tarik terhadap kelimpahan serangga pengujung. Penelitian ini bertujuan untuk mengindentifikasi keanekaragaman dan peran serangga pengunjung pada 8 vegetasi bawah kelapa sawit. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 16 - 24 Febuari 2022 di PT. Sumber Indah Perkasa kebun Gedung Aji Lama Estate Kab. Tulang Bawang, Provinsi Lampung, Indonesia.

Metode Penelitian ini menggunakan metode survei agronomi pada areal atau blok dengan tingkat keanekaragaman berbeda, selanjutnya didesain sebagai penelitan deskriptif. Analisa tingkat keanekaragaman dan kelimpahan musuh alami menggunakan persamaan Shannon-Wiener (Krebs 1988).

Hasil Penelitian menjelaskan bahwa insect visitor yang lebih dominan pada 8 tumbuhan vegetasi bawah kelapa sawit ialah serangga dengan ordo Hymenoptera. Indeks keanekaragaman (H’) tertinggi ialah Athyrium filix-Femina dengan nilai indeks 3,08 dan indeks keanekaragaman (H’) terendah ialah Turnera ulmifolia dengan nilai indeks 2,37.


LOADING LIST...
filipussahabattampubolon@gmail.com
085278095349
NONE
Text
INSTIPER
2022
yogyakarta
LOADING LIST...