Ir. Ety Rosa Setyawati, M.Sc.; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH DOSIS SOLID PADA LAPISAN TANAH YANG BERBEDA SEBAGAI MEDIA TANAM TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq) DI PRE NURSERY


Penelitian dengan tujuan untuk mengetahui respon pertumbuhan bibit kelapa sawit (Elaeis guineensis Jacq) di pre nursery terhadap penggunaan lapisan tanah yang berbeda sebagai media tanam dengan penambahan solid telah dilakukan di PT. Ivo mas Tunggal, unit Sam–Sam Estate, Desa Bekalar, Kecamatan Kandis, Kabupaten Siak, provinsi Riau pada bulan Desember 2021 hingga Maret 2022. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode percobaan dengan rancangan faktorial yang terdiri dari 2 faktor yang disusun dalam Rancangan Acak Lengkap (Completely Randomized Design). Faktor I adalah tanah regosol pada kedalaman lapisan tanah 0–20 cm, 20–40 cm, dan 40–60 cm. Faktor II adalah pemberian solid (% volume) dosis 0% (kontrol), 10%, 20%, dan 30% volume. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan sidik ragam pada jenjang nyata 5 %. Perlakuan yang berpengaruh nyata diuji lanjut dengan uji Duncan (DMRT) pada jenjang nyata 5 %.
Hasil analisis menunjukkan bahwa tidak terdapat interaksi nyata antara dosis solid dan kedalaman lapisan tanah terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery, Pemberian solid memberikan pengaruh lebih baik dibandingkan dengan pupuk anorganik terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Pemberian solid dosis 20 % volume sudah memberikan pengaruh baik terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Lapisan tanah kedalaman 40 - 60 cm masih memberikan pengaruh yang baik terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery, kecuali panjang akar terpanjang pada kedalaman lapisan tanah 20 cm.
LOADING LIST...
jpratama175@gmail.com
+6281325186004
NONE
Text
INSTIPER
2022
yogyakarta
LOADING LIST...