Ir. Eka Suhartanto, M.Si (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

RANCANG BANGUN ALAT PENDETEKSI BANJIR MENGGUNAKAN SENSOR SRF 05 BERBASIS INTERNET OF THINKS (IOT)


Banjir disebabkan oleh kapasitas air disungai dan saluran air melebihi dari daya tampungnya, sehingga air di daerah sekitar saluran menjadi menggenang dan menyebabkan banyak kerugian yang ditimbulkan baik dari segi materi maupun psikologi, bahkan juga dapat menimbulkan korban jiwa. Adapun tujuan dari penelitian ini mengimplementasikan sistem pendeteksi banjir untuk menghindari kerugian yang ditimbulkan dan menyajikan informasi tinggi permukaan air berbasis Internet of Thing (IOT).
Penelitian ini berhasil membuat alat pendeteksi banjir menggunakan NodeMCU ESP8266 sebagai mikrokontroler yang mengendalikan sensor ultrasonik SRF 05 saat mendeteksi banjir dan ketinggiannya berbasis Internet Of Thinks dengan LCD dan telegram messenger sebagai media informasi. Alat ini mampu mendeteksi tinggi permukaan air dengan empat status yaitu, status aman dan siaga led berwarna hijau, Status waspada Led berwarna biru, dan pada status bahaya, led berwarna merah, relay dan buzzer menyala, dan chatbot mengirimkan data jarak secara Realtime.
Dari hasil kalibrasi yang dilakukan pada Sensor SRF 05, didapatkan eror relatif rata-rata sebesar 0,93 % dan akurasi rata-rata sebesar 99,07 %, dengan delay rata-rata waktu penerimaan pesan dari chatbot telegram selama 5,36 detik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rancangan alat deteksi banjir yang dibuat telah bekerja dengan baik sebagai sistem monitoring dan kontroling ketinggian permukaan air berbasis Internet Of Thinks.

LOADING LIST...
deri6307@gmail.com
Ir. Eka Suhartanto, M.Si (P) - Personal Name
Drs. Suparman, M.M - Personal Name
Aripka Deri Dermawan (P) - Personal Name
082149600320
NONE
Text
INSTIPER
2022
yogyakarta
LOADING LIST...