Ir. Nuraeni Dwi Dharmawati, MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

ANALISA KEHILANGAN TEKANAN (HEAD LOSS) PADA SISTEM IRIGASI POMPA AIR TANAH DI DESA UMBULREJO KECAMATAN PONJONG GUNUNGKIDUL


Dusun Sladi, desa Umbulrejo, kecamatan Ponjong, Gunungkidul merupakan daerah yang yang mengandalkan sistem tadah hujan untuk budidaya tanaman pangan. lahan pertanian. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan membuat sumur pompa irigasi agar dapat menyediakan air untuk lahan pertanian terutama pada musim kemarau. Untuk itu diperlukan perancangan kebutuhan bahan, perancangan pemasangan pipa-pipa, pengujian debit pompa, serta dan perhitungan head loss agar sumur pompa irigasi dan sistem perpipaannya dapat beroperasi sesuai yang diharapkan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui spesifikasi pompa yang digunakan, menghitung ukuran dan panjang pipa yang digunakan untuk instalasi perpipaan, mengukur besar debit air pada sumur pompa, menghitung besarnya kehilangan tekanan (head loss) yang terjadi di sepanjang pipa.
Dari hasil analisis perhitungan yang telah dilakukan didapat debit air pada sumur pompa untuk mengaliri lahan-lahan pertanian adalah 0,917 liter/s atau 55,02 liter/m. Pipa yang digunakan adalah PVC (PolyVinyl Chloride) sepanjang 637,47 meter dengan total kehilangan tekanan (head loss) pada pipa sebesar 0,2488 m. Kehilangan tekanan biasanya disebabkan oleh faktor kekasaran dinding terkait bahan pipa dan akibat gesekan melalui pipa belokan, hal ini dapat menyebakan besar debit yang masuk tidak sama dengan debit yang keluar.
LOADING LIST...
nainggolandaniel@gmail.com
082238983546
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2022
yogyakarta
104 halaman
LOADING LIST...