Ir. Nuraeni Dwi Dharmawati, MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

ANALISIS KETERSEDIAAN DAN KEBUTUHAN AIR BUDIDAYA TANAMAN PADI (ORYZA SATIVA)


Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis ketersediaan air dalam memenuhi kebutuhan air tanaman padi (Oyzae Sativa) pada lahan Rawa pasang surut. Tanaman padi merupakan penghasil beras sebagai sumber karbohidrat bagi sebagian penduduk dunia. Meningkatnya jumlah penduduk mengakibatkan peningkatan permintaan beras sebagai bahan pokok karbohidrat. Lahan marjinal rawa pasang surut merupakan lahan sebagai pengembang produktivitas tanaman padi.
Penelitian ini bertujuan mengkaji data curah hujan dalam memenuhi kebutuhan air tanaman padi menggunakan software cropwat. Analisis data secara deskriptif kuantitatif dengan mengolah data primer curah hujan, kc tanaman, evapotranspirasi aktual dan evapotranspirasi potensial.
Nilai curah hujan pada periode 2016 – 2020 mencapai 2681,4800 mm/tahun, dengan demikian besaran nilai curah hujan terpenuhi untuk syarat tumbuh dan berkembang, karena standar nilai curah hujan tahunan >1.900 mm/ tahun. Pola tanam yang optimum dengan data iklim dari stasiun Badan Meteorologi Klimatologi Dan Geofisik (BMKG), yaitu pada periode 1 dimulai bulan Oktober hingga Maret denganbesaran nilai curah hujan diatas nilai ETp dan ETa.

LOADING LIST...
dhimasdaniyanto@gmail.com
085158142292
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2022
YOGYAKRTA
LOADING LIST...