ir. Sunardi. M.Si; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

((upload ulang))EVALUASI KINERJA PABRIK KELAPA SAWIT DI PT MS KALIMANTAN TENGAH MENGGUNAKAN METODE PETA KENDALI


INTISARI
Dari hasil pengolahan TBS diharapkan akan diperoleh minyak sawit mentah (CPO) dan minyak inti (PKO) yang merupakan produk utama. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji mutu minyak sawit mentah (CPO) kadar asam lemak bebas, kadar air, kadar kotoran, kadar kotoran kernel, rendemen minyak sawit (OER), dan kernel mengetahui kapabilitas proses produksi minyak sawit mentah (CPO) dan mengkaji faktor – faktor penyebab mutu produksi minyak sawit mentah (CPO).
Metode penelitian yang dipakai yaitu Peta kendali suatu model statistik yang di gunakan untuk mengetahui variasi mutu kualitas produk dalam suatu proses melalui perhitungan peta kontrol analisis data penyusunan control chart (X ) ̅dan R dari data yang diamati menggunakan Microsoft excel selanjutnya data dianalisis untuk mengtahui ada tidaknya penyimpangan (variasi) mutu minyak sawit mentah (CPO).
Hasil dari penelitian ini menunjukan mutu minyak sawit mentah (CPO) berdasarkan analisis peta kendali X, kadar asam lemak bebas berada diluar batas kendali. Sedangkan kadar air, kadar kotoran minyak sawit mentah (CPO), kadar kotoran kernel, rendemen minyak sawit (OER), dan kernel berada dalam batas kendali stastistik. Untuk mutu minyak sawit mentah (CPO) berdasarkan analisi peta kendali R, kadar asam lemak bebas, kadar air, kadar kotoran minyak sawit mentah (CPO), kadar kotoran kernel, rendemen minyak sawit (OER), dan kernel berada dalam batas kendali stastistik. Berdasarkan perhitungan nilai indeks kapabilitas proses produksi (Cp) minyak sawit mentah untuk parameter kadar kotoran minyak sawit mentah (CPO) berkapabilitas tinggi (>1). Sedangkan untuk parameter asam lemak bebas, kadar air, kadar kotoran kernel, rendemen minyak sawit (OER), dan kernel berkapabilitas rendah (
LOADING LIST...
kadekpratama67@gmail.com
ir. Sunardi. M.Si - Personal Name
Kadek Panji Pratama - Personal Name
Dr. Ir. Adi Ruswanto, MP (P) - Personal Name
081326881252
NONE
Text
INSTIPER
2022
yogyakarta
LOADING LIST...