Istiti Purwandari, SP,. MP. (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PERAN PENYULUH PERTANIAN DALAM PENGEMBANGAN KELOMPOK TANI DI DESA JATI KECAMATAN JATI KABUPATEN BLORA


Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan peran penyuluh pertanian dalam pengembangan kelompok tani di Desa Jati, Kecamatan Jati, Kabupaten Blora serta untuk Mengetahui kendala yang dihadapi oleh penyuluh dalam kegiatan penyuluhan pada kelompok tani di Desa Jati, Kecamatan Jati, Kabupaten Blora.
Penelitian ini merupakan penelitian survei, menggunakan responden yang dipilih dengan menggunakan metode sampling bertahap (multistage sampling) dengan memilih 5 dari 22 kelompok tani dan memilih 30 responden dari kelompok tani terpilih, yang dilakukan secara sengaja (purposive). Data di analisis secara deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa peran penyuluh sebagai penyuluh motivator, edukator, organisator, dan komunikator dikategorikan cukup berperan, sedangkan peran penyuluh sebagai katalisator dan konsultan dikategorikan kurang berperan. Kendala-kendala yang dihadapi oleh penyuluh dalam pengembangan kelompok tani adalah mengatur jadwal pertemuan dengan 22 kelompok tani karena penyuluh hanya berjumlah satu orang, daerah yang luas yang mengakibatkan penyuluh banyak menghabiskan waktu diperjalanan, tidak semua solusi dan saran dari penyuluh dapat diterima kelompok tani karena petani belum terbiasa menggunakan teknologi baru, dan kelompok tani masih belum berkembang karena masih bergantung kepada penyuluh. Dari hasil ini disarankan agar penyuluh diharapkan lebih meningkatkan kontribusinya dengan membantu petani dalam memecahkan masalah, membantu proses dilapangan dan menghubungkan petani dengan sumber teknologi.

LOADING LIST...
Fahrizalismu@gmail.com
085640120125
NONE
Text
INSTIPER
2022
YOGYAKRTA
LOADING LIST...